Tergantung industrinya kita dapat melakukan berbagai metode prospecting untuk menemukan lead, memfollow up, menjadikan prospek kemudian menjadi pelanggan.

Metode prospecting antara lain

  1. E-Prospecting
    Dalam e-prospecting ini kita mencari perusahaan dan kontak person yang menjadi target pasar kita.
  2. Canvassing
    Pada metode canvassing ini, kita menjelajahi suatu area dan menawarkan produk kita. Metode canvassing ini meyakini hukum rata-rata. Jika dari 20 orang yang kita prospek tersebut ternyata 1 orang melakukan pembelian, maka untuk mendapatkan target penjualan 5 maka kita harus melakukan aktivitas prospecting sebanyak 100 orang.
  3. Referal terus menerus
    Kita memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan kita, pelanggan kita kemudian merasa puas. Kita dapat meminta pelanggan kita untuk mereferensikan produk kita kepada calon pembeli yang lain. Demikian seterusnya hingga dari mulut ke mulut produk dan jasa kita akan dikenal.
  4. Customer yatim
    Customer yatim di sini berarti pelanggan yang ditinggalkan oleh sales personnya. Kita dapat mendekati pelanggan ini dan menawarkan produk dan jasa kita. Dengan demikian maka pelanggan ini ada yang melayani, dan sekarang kitalah yang melayani pelanggan ini.
  5. Organisasi sales
    Kita dapat bertemu antara sesama sales person di mana produk-produknya tidak berkompetisi. Kita dapat saling menawarkan produk dan jasa kita
  6. Menjadi nara sumber
    Kita dapat menjadi nara sumber pada seminar atau majalah. Saat menjadi nara sumber kita menjelaskan produk dan jasa kita
  7. Melalui pameran
    Dengan mengikuti atau menyelenggarakan pameran, maka kita mendatangkan calon pelanggan. Ini juga termasuk metode prospecting.
  8. Mendekati tokoh-tokoh berpengaruh
    Kita dapat mendekati tokoh-tokoh berpengaruh untuk menggunakan produk dan jasa kita. Dengan cara ini maka informasi produk dan jasa kita akan tersebar luas.
  9. Kirim surat
    Kita dapat mengirim surat secara masal. Dalam surat ini juga disertai kupon misalnya kupon diskon untuk mendorong penjualan
  10. Telemarketing
    Kita juga dapat menggunakan telepon dalam melakukan aktivitas prospecting.
  11. Observasi
    Kita dapat mengamati sekitar kita untuk melihat calon pelanggan. Industri terkait dengan sipil dan prospeti dapat mengamati tempat mana saja yang sedang ada pembangunan
  12. Networking
    Pada networking ini, team sales membuat jaringan dengan berbagai macam orang.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Metode prospecting
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday