Dalam menjalankan tugasnya untuk membantu pelanggan dan mendapatkan pendapatan bagi perusahaan,  berikut tiga pengetahuan yang wajib dikuasai oleh seorang sales atau staf penjualan.

Tiga pengetahuan yang wajib diketahui seorang sales adalah

  1. Pelanggan
    Mengerti bisnis pelanggan dan kebutuhan pelanggan merupakan pengetahuan wajib dari seorang sales yang berhasil. Staf penjualan atau yang disebut juga sales harus menjalin kerjasama dengan pelanggan supaya memiliki pengetahuan yang menyeluruh mengenai permasalahan dan kebutuhan pelanggan. Dari kebutuhan pelanggan inilah seorang sales dapat menyusun suatu solusi kreatif untuk setiap pelanggan.
  2. Perusahaan
    Seorang sales yang ingin berhasil harus mengetahui seluk beluk mengenai perusahaan di tempat dia bekerja. Sales harus tahu visi misi perusahaan, nilai-nilai yang dianut dan juga  budaya kerja perusahaan. Sales harus tahu term of payment yang diberlakukan perusahaan kepada pelanggannya. Pengetahuan ini penting untuk menjelaskan hal-hal terkait dengan pembelian pelanggan.
    Seorang sales harus mengetahui mengenai kebijakan pengembalian barang maupun layanan yang diberikan perusahaan.
  3. Produk
    Pengetahuan mengenai produk perusahaan merupakan pengetahuan yang sangat vital. Sales harus mengerti produk-produk perusahaan dan bisa memberika jembatan antara kebutuhan pelanggan produk yang dimiliki perusahaan di mana dia bekerja. Dengan memberikan solusi kreatif yang dihasilkan dari produk perusahaan dan kebutuhan pelanggan maka sales dapat memberikan pendapatan kepada perusahaan di mana dia bekerja

Di mata pelanggan, sales adalah seorang yang mengerti banyak mengenai produk perusahaan. Pelanggan juga melihat sales seorang konsultan yang diharapkan dapat memberikan saran-saran mengenai kebutuhan perusahaan.
Di mata perusahaan, sales adalah ujung tombak untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

Posisi strategis inilah yang mengharuskan seorang sales harus bekerja maksimal untuk menjadi solusi bagi pelanggan dan perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengetahuan wajib sales: pelanggan, perusahaan dan produk
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday