Dalam hidup sosial kita baik di rumah, pekerjaan atau masyarakat tentu kita harus bertindak supaya ada keharmonisan antara diri kita dan sekeliling kita. Etika ini menyangkut boleh dan tidak boleh, dan bagaimana menentukannya ?

Tingkatan etika ada 3 yaitu cari aman, sesuai dengan norma yang berlaku dan sesuai dengan keyakinan kita.

  1. Cari aman
    Contoh etika cari aman adalah kita datang pagi sesuai jam kantor ke kantor supaya tidak dipotong uang makan.
    Tipe cari aman ini mempunyai standar yang cukup lemah. Etika ini bertumpu bagaimana supaya tidak kena masalah.
  2. Sesuai norma
    Contoh etika sesuai norma adalah kita datang ke kantor pagi sesuai jam kantor karena itu merupakan kebiasaan baik yang diterima secara umum. Tipe etika ini lebih baik karena dia menghormati norma yang berlaku di masyarakat. Norma ini juga berkaitan dengan apa yang sah menurut hukum.
  3. Sesuai keyakinan
    Contoh etika sesuai keyakinan adalah kita datang pagi-pagi ke kantor sesuai jam kantor karena itu memang harus begitu. Jadi pekerja yang baik ya harus bekerja sungguh-sungguh dan salah satunya adalah datang pagi-pagi. Etika ini kuat karena berpegang kepada nilai-nilai kebenaran. Orang yang punya etika dan cara kerja ini mempunyai peluang untuk memiliki karir yang bagus karena mengetahui kebenaran.

Berbicara mengenai etika, kita akan melihat tindakan luar yang sama tetapi mempunyai motivasi yang berbeda-beda. Etika yang sesuai keyakinan merupakan etika paling kuat dan paling sulit melakukan kompromi. Tentunya memiliki etika ini juga ditunjang banyak belajar kitab suci, berdoa, berdialog dengan sesama dan bermasyarakat. Marilah kita mencari kebernaran supaya kehidupan masyarakat bangsa ini bisa harmonis.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Tingkatan tingkah laku etika
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday