Proxmox merupakan hypervisor berbasis cluster. Ini berarti dalam satu cluster terdiri dari banyak server fisik. Setiap server fisik ini disebut node. Dengan menggunakan banyak node ini maka kita dapat membuat platform yang memiliki high availability atau ketersediaan yang tinggi. Dengan high avalability tinggi ini kita dapat meningkatkan uptime.

Sebagai sistem administrator kita pasti biasa mengubah konfigurasi pada file conf. Jika kita memiliki sebuah server, maka kita dengan mudah masuk ke server, mengedit file conf, merestart service dan perubahan setting terjadi. Tetapi bagaimana jika mengedit configurasi pada cluster yang anggotanya puluhan server ? Jika kita harus mengedit konfigurasi satu per satu pada puluhan server itu tentu sangat tidak praktis dan kemungkinan kesalahan sangat tinggi.

Untuk memberikan solusi pengupdaten konfigurasi pada system cluster ini maka lahirlah Proxmox Cluster file system dan disingkat pmxcfs. Proxmox Cluster filesystem ini merupakan database-driven filesystem dalam menyimpan file-file konfigurasi. Semua perubahan pada file konfigurasi dalam cluster akan direplicate secara real time ke semua node menggunakan Corosync.

Corosync cluster engine merupakan system komunikasi antar node dalam cluster untuk mengimplementasikan High Availability pada aplikasi. Pada Proxmox Cluster filesystem ini meskipun konfigurasi disimpan sebagai file, salinan data berada dalam RAM (Random Access Memory).

Proxmox Cluster filesystem ini berada pada mount /etc/pve/ . Jika kita menjalankan command line df maka akan muncul seperti berikut ini:
/dev/fuse          30720      16     30704   1% /etc/pve

Jika kita menjalankan ls -al pada /etc/pve maka hasilnya akan seperti berikut ini:

Informasi lebih lanjut mengenai Proxmox Cluster filesystem silahkan mengunjungi https://pve.proxmox.com/wiki/Proxmox_Cluster_file_system_(pmxcfs) .
Informasi lebih lanjut mengenai Corosync Cluster Engine silahkan mengunjungi http://corosync.github.io/corosync/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengenal Proxmox Cluster filesystem
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday