Articles

Pengertian HTTPS

Kalau kita perhatikan akhir-akhir ini maka ada perubahan yang cukup berarti berkaitan dengan security pada website yang kita kunjungi. Ada website yang dengan lambang gembok yang terbuka, ada website dengan lambang gembok yang ada peringatannya dan juga ada lambang gembok yang bisa diakses tanpa peringatan.

Berkaitan dengan lambang gembok maka itu menandakan bahwa website tersebut aman. Pengertian aman di sini adalah bahwa informasi yang kita berikan ke website tersebut sudah diencrypt sejak dari browser kita dan didecrypt saat sampai di web server. Dengan adanya informasi yang terencrypt ini maka informasi yang kita sampaikan tidak akan dapat dibaca oleh orang-orang yang berusaha membaca melalui jaringan.

Kemudian ada gembok yang ada peringatannya, itu berarti bahwa secara teknologi aman selama kuncinya disimpan dengan baik. Tetapi masih ada peringatannya karena yang memberikan gembok bukan dari lembaga yang berotoritas. Untuk kepentingan internal hal ini tidak masalah, tetapi kalau diakses oleh public maka akan memberikan pertanyaan.

Kalau ada gembok yang tanpa peringatan berarti ada pihak yang berotoritas yang memberikan gembok tersebut, atau secara teknis ada Certificate Authority yang memberikan certificate tersebut. Salah satu penyedia certificate itu adalah https://letsencrypt.org/getting-started/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other SSL Articles:
Pengertian AutoSSL cPanel
Membuat web server HTTPS
Pengertian HTTPS