Akhir-akhir ini kita sering banyak melihat kode-kode kotak dengan pola yang berbeda-beda. Mungkin yang anda lihat adalah QR Code.

QR code adalah kependekan dari Quick Response Code yang merupakan matrix barcode atau juga disebut dua dimensi barcode yang pertama kali dirancang untuk industri otomatif di Jepang. QR code menggunakan numeric, alphanumeric, byte/binary dan juga kanji.QR code menyebar dengan cepat karena kemampuannya menyimpan lebih banyak data dibandingkan dengan barcode standar.

QR Code terdiri dari modul kotak hitam dengan latar belakang putih. Kotak hitam dengan latar belakang putih ini mudah dibaca oleh scanner maupun kamera dan kemudian diproses dengan Reed-Solomon error correction hingga dapat dibaca dengan benar. Data kemudian diekstract dari pola horisontal dan vertikal.

QR code ditemukan oleh Denso Wave pada tahun 1994. Pada waktu itu dirancang untuk melakukan tracking  pembuatan kendaraan di pabrik, WR Code digunakan untuk scanning komponen dengan kecepatan yang tinggi. Sekarang QR code sudah digunakan secara luas termasuk tracking dalam aplikasi komersil, menampilkan text kepada pengguna, menambahkan vCard contact pada smartphone, membuka url, membuat email dan sebagainya.

Untuk membuat QR Code menggunakan PHP silahkan mengunjungi https://sourceforge.net/projects/phpqrcode/ .

Artikel terkait adalah Membaca QR Code dengan Android pada http://www.proweb.co.id/articles/support/read_qr_android.html .

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://en.wikipedia.org/wiki/QR_code .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Teknologi QR code
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday