Articles

Pengertian channel

Pengertian channel adalah cara, media , antar muka perusahaan dengan pelanggan. Channel merupakan perantara di mana pelanggan atau calon mengenal, mencoba, dan mengevaluasi value proposition dari layanan atau produk perusahaan. Bagian penting dari channel adalah komunikasi, distribusi dan jaringan penjualan.

Channel berfungsi dalam hal

  1. Kesadaran produk atau jasa
  2. Evaluasi produk atau jasa
  3. Membeli produk atau jasa
  4. Mengirimkan produk atau jasa
  5. Layanan purna jual

Kita dapat membagi strategi dalam channel ini sesuai dengan karakteristik produk atau layanan perusahaan. Strategi dalam mengembangkan channel ini juga disesuaikan dengan value proposition yang ditawarkan oleh setiap produk dan jasa perusahaan.

Kita dapat membuat team pemasaran sendiri maupun menggunakan jalur distribusi yang dimiliki orang lain. Dengan menggunakan team pemasaran sendiri, margin yang didapat lebih tinggi tetapi tentu saja volume penjualan tidak bisa diharapkan sebanyak menggunakan jalur distribusi perusahaan lain. Di sisi lain margin yang didapat pada saat menggunakan jalur distribusi perusahaan akan lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan team penjualan sendiri, tetapi dapat meningkatkan volume penjualan lebih banyak.

Dengan demikian kita perlu menggunakan dua macam channel tersebut. Ada segmen pelanggan yang dapat kita layani langsung dengan margin yang besar, ada juga segmen pelanggan yang dilayani melalui jalur distribusi pihak lain dengan volume yang besar. Pada prakteknya perusahaan perlu membuat keseimbangan yang tepat mengenai segmen pelanggan yang akan dilayani langsung perusahaan atau dilayani melalui jaringan distribusi pihak lain.

Kita telah membahas pengertian segmen pelanggan dan value proposition mengenai aplikasi ERP. Kita perlu merancang channel yang tepat untuk menjangkap segmen pelanggan pasar yang sesuai dengan value propostion yang kita tawarkan. Berikut beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan channel yang mungkin dilakukan sesuai target pelanggan dan value proposition

  1. Pelanggan besar
    Kita bisa memasarkan melalui jaringan pribadi.
       
  2. Pelanggan menengah
    Kita bisa memasarkan melalui team sales dan lembaga training.
       
  3. Pelanggan massal
    Kita bisa memasarkan secara luas melalui website, media massa maupun pameran

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Ultima ERP Articles:
Pengertian cost structure
Pengertian key partnerships
Pengertian key activities
Pengertian key resources
Pengertian revenue stream
Pengertian customer relationship
Pengertian channel
Pengertian value proposition
Pengertian segmen pelanggan
Pengertian model bisnis kanvas