Setiap web programmer dipastikan mengenal jQuery, atau paling tidak web programmer yang benar-benar menekuni pekerjaannya pasti menguasai jQuery. Kalau kita mempelajari jQuery kita juga mengenal jQuery ini sebagai framework Javascript yang memudahkan programmer melakukan programming pada Javascript.  Kemudian perkembangan berikutnya berkaitan Javascript adalah muncul lagi AngularJs yang juga bekerja di area Javascript. Apa itu AngularJS ? Bagaimana perbandingan AngularJs dengan jQuery ? Kita akan membahas pada bagian di bawah ini.

Sejenak mengenai jQuery, kita mengenal jQuery sebagai framework yang memudahkan kita mengakses tag-tag yang ada di HTML. Dengan jQuery programmer sangat dibantu dalam melakukan programming yang interaktif di sisi browser. Di jQuery ini juga sudah animasi-animasi sehingga tampilan yang interaktif akan lebih menarik. Tentu banyak fitur lain yang menarik dari jQuery yang dapat dipelajari lebih lanjut di http://jquery.com/ .

AngularJs ini merupakan framaework Javascript juga.  AngularJS ini juga dapat dilihat sebagai perluasan HTML dengan atribut-atribut baru. AngularJS ini dirancang untuk membuat aplikasi dengan teknologi Single Page Applications atau SPA. Pada AngularJs ini kita akan mendapati sebuah aplikasi MVC untuk Javascript. Informasi lebih lanjut mengenai AngularJS dapat dibaca di https://angularjs.org/ .

Secara usia jQuery lahir lebih dahulu sehingga dokumentasi dan sharing dari pengguna lain mudah didapatkan. Dengan demikian maka jQuery pasti sudah dikuasai banyak programmer. Kemudian perlukan kita pindah ke AngularJS ? Menurut pendapat saya, jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk berpindah dari jQuery ke Angular. Ada baiknya kita tetap mengembangkan aplikasi saat ini tetap menggunakan jQuery, kemudian di waktu luang kita mempelajari AngularJS.

Pada saat kita mempelajari AngularJS ini silahkan membuat prototype dengan hasil seperti yang kita buat dengan jQuery. Jika apa yang kita buat dengan AngularJS bisa sama dengan apa yang telah kita buat dengan jQuery maka silahkan mengembangkan aplikasi anda dengan AngularJS.

Untuk belajar AngularJS kita dapat belajar di http://www.w3schools.com/angular/default.asp . Kita juga dapat mempelajari jQuery di http://www.w3schools.com/jquery/default.asp . Kemudian untuk melihat perbandingan AngularJS dan jQuery kita dapat membaca di http://www.codeproject.com/Articles/1044334/jQuery-Vs-AngularJS-A-Good-Comparison .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Membandingkan AngularJS dengan jQuery
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday