Pada waktu kita menggunakan Notepad++ untuk melakukan pengetikan source code dalam pengembangan aplikasi, kita mungkin mendapati kata-kata atau source code yang kita ketik diberi garis bawah merah oleh Notepad++ yang menunjukkan kepada kita bahwa kata-kata tersebut tidak ada dalam kamus bahasa Inggris atau bahwa kata atau source code kita tidak ada dalam dictionary.

Tentu saja kita mungkin memberi penjelasan dalam bahasa Indonesia pada source aplikasi yang kita kembangkan. Ataupun kita mungkin membuat singkatan-singkatan yang tidak dipahami oleh kamus bahasa Inggris. Dengan keadaan ini maka kita melihat bahwa fitur Spell Checker mengganggu aktivitas kita melakukan pemrograman. Untuk itu kita perlu mematikan fitur Spell Checker pada aplikasi Notepad++ yang kita gunakan.

Penulis kemudian mencari menu Options untuk mencari setting mematikan spell checker maupun dictionary. Sudah dilihat bolak-balik tetapi tidak menemukan setingnya. Pada awalnya penulis biarkan saja, tetepi lama-kelamaan menganggu dan pasti ada jalan keluarnya. Kemudian akhirna mencari-cari di Google dan menemukan informasi ‘How can one turn off spell checking ini Notepad++?’ yang ditulis di https://superuser.com/questions/593312/how-can-one-turn-off-spell-checking-in-notepad . Penulis kemudian mengikuti tutorial yang ada di situ dan berikut hasilnya.

Langkah-langkah mematikan spell checker adalah seperti berikut ini

  1. Kondisi awal:

    Terlihat bahwa catatan saya yang berbahasa Indonesia diberi garis bawah merah yang tentu tidak enak dilihat.
     
  2. Mematikan Spell Checker:

    Ternyata cara mematikan Spell Cheker pada Notepad++ adalah dengan mematikan ‘Spell Check Document Automatically’ yang ada pada menu Plugins – DSpellCheck dan kemudian catatan terlihat rapi tanpa garis bawah merah.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mematikan spell checker di Notepad++
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday