Dalam mengembangkan aplikasi berbasis web kita mungkin menggunakan suatu framework PHP tertentu misalnya Yii dengan menggunakan  framework tampilan Bootstrap. Pada saat aplikasi dijalankan, kita mungkin ingin mencetak apa yang ada di layar monitor kita.

Pada saat mencetak mungkin kita mendapati tampilan yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Kita mungkin melihat bahwa tampilan di monitor rapi, tetapi tempilan saat print preview tidak rapi, begitupun saat dicetak ke printer tidak rapi. Hal ini disebabkan karena ada pengaturan CSS baik yang ada di monitor maupun CSS yang digunakan untuk kepentingan mencetak berbeda.

Secara teknis pengaturan CSS pada berbagai media ini dilakukan dengan media query. Dengan media query kita dapat melakukan berbagai setting CSS untuk masing-masing layar, begitu juga kita dapat membuat seting khusus untuk mencetak.

Berikut contoh mengatasi masalah print pada bootstrap

  1. Kita mungkin mendapati bahwa link tercetak saat print, kita dapat mendisable pada bootstrap.css pada @media print.
    @media print {

    /* silahkan disable pada bootstrap.css
         a[href]:after {
        content: ” (” attr(href) “)”;
      }
    */
  2. Kita mungkin ingin membuat rata kiri dan panjang auto saat cetak. Kita dapat membuat css tambahan pada file css berikutnya:
    @media print {
        .container
        {
            margin-left: 0px;
            width: auto;
        }
    }

Itu contoh mengatasi masalah print pada Bootstrap. Jika ada masalah lain terkait mencetak kita dapat mengatasi dengan melakukan logika yang sama.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengatasi masalah print pada Bootstrap
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday