Pemrograman dengan OOP memungkinkan kita memelihara program kita lebih baik. Bahasa PHP telah memberikan dukungan penuh dalam pengembangan pemrograman OOP (Object Oriented Programming). Kita akan memberikan beberapa istilah terkait Object Oriented Programming yaitu private, protected, public, static dan final.

  1. Private
    Seperti namanya, berarti ini adalah hal-hal pribadi. Class dalam PHP mempunyai variable dan function atau method. Function dan variable yang dideklarasikan sebagai private hanya dapat dipanggil dari kelas tersebut.
  2. Protected
    Function dengan deklarasi protected berarti memperbolehkan function ini diakses oleh class turunannya atau class parentnya
  3. Public
    Function dan variable yang dideklarasikan public berarti dapat diakses dari mana saja.
  4. Static
    Jika kita mendeklarasikan function atau variable sebagai static berarti kita tidak perlu membuat instance untuk mengakses function atau variable tersebut. Sebagai contoh bisa diakses dengan Klas::fungsiKu();
  5. Final
    Jika kita mendeklarasikan function sebagai final, maka function tersebut tidak dapat diextend. Begitu juga dengan class yang sudah final, class tersebut tidak bisa diextend.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. Private, protected, public : http://php.net/manual/en/language.oop5.visibility.php .
2. Static: http://php.net/manual/en/language.oop5.static.php .
3. Final: http://php.net/manual/en/language.oop5.final.php .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Private, protected, public, static, final OOP PHP 5
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday