Articles

Mencari provider jasa hosting yang tepat

Mungkin rekan-rekan programmer sedang menbutuhkan jasa hosting yang tepat. Biasanya rekan-rekan programmer menguasai dunia pemrograman tetapi bingung memilih penyedia web hosting yang tepat. Berikut pertimbangan-pertimbangan dalam memilih hosting yang tepat bagi pengembangan aplikasi anda yang berbasis web.

Pertimbangan dalam memilih jasa web hosting yang tepat adalah

  1. Penyedia jasa hosting adalah PT bukan perorangan
    Karakteristik dari penyedia jasa PT atau Perseoran Terbatas adalah bahwa pendirian Perseroan Terbatas lebih kompleks dibandingkan pendirian usaha perorangan. Dan salah satu karaktreristik dari PT adalah secara realita sulit untuk membubarkan PT. Berbeda dengan usaha perorangan yang kalau tidak untung bisa langsung tutup dan kabur.
    Dengan demikian teman-teman programmer akan lebih aman memilih jasa web hosting dan email hosting yang berbentuk badan hukum PT atau Perseroan Terbatas.
       
  2. Ada alamat fisik dari PT tersebut
    Pastikan bahwa perusahaan hosting tersebut memiliki alamat fisik.  Perusahaan hosting yang berani mencamtumkan alamat fisik, berarti dia siap didatangi jika ada permasalahan dalam layanannya. Perusahaan hosting yang tidak berani mencantumkan alamat fisik bisa jadi perusahaan tersebut kurang profesional, atau tidak berani melayani keluhan pelanggan dengan bertemu langsung.
      
  3. Pilih paket hosting yang harga dan fasilitasnya wajar dengan lokasi server Indonesia
    Paket hosting yang tidak wajar misalnya unlimited space biasanya memberikan batasan lain misalnya maksimum jumlah file. Paket unlimited space biasanya menyembunyikan batasan lain. Lebih baik kita memilih paket yang batasannya jelas. Paket yang batasannya jelas biasanya tidak menyembunyikan batasan-batasan lain.
    Pilih juga yang servernya Indonesia, karena menggunakan server Indonesia mendapatkan kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan lokasi server luar negeri.
     
  4. Cari referensi pengguna lain
    Cobalah search di mesin pencari dengan keyword misalnya 'kecewa layanan PT Abcdbla', dan lihat hasilnya. Dari hasilnya kita bisa menebak berapa kasus yang muncul dengan PT tersebut, dan bandingkan juga dengan PT yang lain.
     
  5. Pilih tingkat layanan yang lebih bebas.
    Jika bisnis anda berkembang, pilihlah layanan yang anda dapat artur sendiri misalnya Cloud atau VPS. Pada tingkatan layanan ini kita dapat masuk sebagai user root dan dapat mengkonfigurasi server sesuai kebutuhan kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Web Application Articles:
Menelusuri PHP 5.6
Pemrograman htaccess Apache
Membatasi akses membaca PDF
Memahami TCPDF
Memindahkan item combo box dengan jQuery
Mencari provider jasa hosting yang tepat
Menyimpan data isi form di browser
Membandingkan AngularJS dengan jQuery
Mengatasi masalah print pada Bootstrap
Melindungi folder dari direct link
Memanggil dialog bootstrap dengan Javascript