Dalam mengerjakan internet marketing kita harus bisa mengevaluasi kinerja website kita. Untuk mengevaluasi website kita perlu data-data terkait dengan pengunjung yang masuk ke website kita. Untuk hal ini diperlukan tool untuk melihat performance website, dan Google Analytics adalah tool yang tepat untuk kebutuhan ini.

Website dari Google Analytics adalah www.google.com/analytics/. Pertama-tama anda harus daftar, kemudian memasukkan website yang akan ditampilkan statistiknya. Setelah proses itu, anda diberikan Javascript untuk ditampilkan di setiap halaman website anda.
Sekitar 2 hari kemudian, statistiknya sudah bisa ditampilkan.

Google Analytics mempunyai fasilitas antara lain sebagai berikut

  1. Statistik yang bisa kita tentukan kapan tanggal mulai dan kapan selesai
  2. Grafik jumlah pengunjung sesuai interval yang kita berikan
  3. Cara masuk pengunjung
    Kita dapat mengetahu berapa pengunjung yang masuk karena iklan di Google Adwords, mengetikkan langsung alamat website kita, maupun masuk dari website-website lain
  4. Grafik yang menunjukkan perkembangan pengunjung yang masuk ke website kita melalui iklan di Google Adwords
  5. Grafik yang menunjukkan perkembangan pengunjung yang masuk ke website kita melalui SEO (Search Engine Optimization)
  6. Grafik yang menunjukkan perkembangan pengunjung yang masuk ke website kita melalui link dari website lain
  7. Keyword-keyword yang banyak dipakai untuk masuk ke website kita
  8. Tingkah laku pengunjung meliputi rata-rata berapa halaman yang pengunjung rata-rata buka, halaman mana yang banyak bounce(baca sekali dan meninggalkan website kita)
  9. Karakteristik pengunjung seperti browser yang dipakai, lokasi geografis, dan ISP yang dipakai. 

Google Analytics ini merupakan program yang sangat baik untuk menganalisa dengan kegiatan internet marketing kita. Dari statistik ini kita bisa terinspirasi untuk membuat content yang lebih menarik. Kita juga bisa menilai seberapa efektifkah internet marketing kita.
Ini bisa diketahui dengan melihat apakah pengunjung banyak masuk ke halaman yang berisi produk kita, atau hanya sekedar melihat-lihat saja. Akan sangat baik jika ternyata banyak pengunjung yang melihat produk kita kemudian dilanjutkan dengan menghubungi perusahaan kita baik dengan mengisi form, mengirim email maupun menelpon perusahaan kita. Langkah selanjutnya adalah menganalisa berapa pendapatan yang didapat dari pengunjung yang membeli produk/jasa kita. Dari analisa ini, kita dapat menentukan langkah-langkah lebih lanjut berkaitan dengan internet marketing kita.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Google Analytics, statistik handal untuk website anda
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday