Kita mengetahui bahwa WordPress juga dapat digunakan untuk situs berita.  Pada situs berita ini tentu halaman akan bertambah secara terus menerus dan tentu saja pengunjung juga akan tambah secara terus menerus. Dengan bertambahnya halaman dan pengunjung ini tentu akan memberatkan web server kita. Untuk itu kita perlu ada server tambahan untuk menampung beban server kita. Cara paling mudah dan paling murah adalah menggunakan Content Delivery Network. Berikut ini kita akan membahas bagaimana melakukan seting CDN untuk WordPress.

Langkah-langkah setup CDN untuk WordPress adalah

  1. Seting di WordPress kita
    Pada seting di WordPress ini kita akan mendevelop WordPress kita di suatu subdomain tertentu. Kemudian kita akan menseting supaya link-link yang muncul di WordPress ini menghilangkan nama domain sehingga kita bisa menggunakannya untuk domain atau sub domain apa saja.
    Selama riset saya menggunakan 2 buah plugin yaitu
    a. Relative URL:

    b. Make Paths Relative:

      

  2. Setup CDN di CDN server
    a. Membuat CDN baru:

    b. Mendefinisikan  alamat website yang akan digunakan:

  3. Setup CNAME DNS Record pada cPanel:
    Pada langkah ke dua kita sudah mencopy website dari coba2 ke suatu sub domain di cdn. Pada langkah terakhir kita akan menghubungkan www ke situs CDN dengan mensetup CNAME di cPanel kita seprti gambar berikut ini:

  4. Setup selesai maksimum 2 x 24 jam website dengan CDN bisa digunakan

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Setup CDN untuk WordPress
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday