Kalau sebelumnya kita telah mempelajari file tempate WordPress untuk post type jenis Post, post type jenis Page dan post type jenis Attachment maka pada artikel kali ini kita akan mempelajari template WordPress untuk post type jenis kustom. Yang dimaksud dengan kustom di sini adalah post type yang kita buat sendiri di luar dari yang sudah dimiliki WordPress.

Jika kita ingin membuat custom template untuk post type jenis daftar_produk, maka kita dapat menyalin file template single.php ke single-daftar_produk.php. Dan sesuai dengan hirarki template dari WordPress, maka WordPress akan menggunakan file template single.php jikalau kita tidak membuat file baru tersebut.

Jika kita tidak membuat file template yang baru maka WordPress akan menggunakan single.php untuk menampilkan halaman yang post type jenis kustom. Begitu juga WordPress akan menggunakan archive.php untuk menampilkan archives.
Secara umum jika kita ingin membuat tampilan tersendiri untuk post type jenis kustom ini, kita perlu membuat file template single-{kustom}.php untuk menampilkan setiap halaman dan archive-{kustom}.php untuk menampilkan archivesnya .

Secara umum template-template yang digunakan untuk custom post type ini adalah

  1. single-{post-type}.php
  2. archive-{post-type}.php
  3. search.php
  4. index.php

Berkaitan dengan post type yang baru ini, kita perlu mempelajari function register_post_type() yang ada di https://developer.wordpress.org/reference/functions/register_post_type/ .

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi https://developer.wordpress.org/themes/template-files-section/custom-post-type-template-files/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Template jenis kustom pada WordPress
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday