Dalam pembuatan aplikasi kita menginginkan pemrograman dengan style yang konsisten. Di dalam Yii kita juga harus membuat style yang baik dan konsisten. Dengan style yang baik dan konsisten maka kita mudah melakukan maintenance di kemudian hari. Begitu juga dalam pembuatan link.

Pembuatan link dapat dilakukan secara manual atau memakai struktur yang sudah ditetapkan oleh framework Yii. Kita bisa memilih langsung membuat link dengan kode HTML atau memakai cara yang dianjurkan Yii. Untuk kemudahan maintenance dan juga penguasaan framework Yii akan lebih baik jika kita memakai cara yang dianjurkan Yii.

Membuat link dengan Yii bisa dilakukan dengan memakai kelas class CHtml dan method link. Formatnya adalah sebagai berikut:
CHtml.link(text,url,HTMLoptions) . Untuk url mempunyai format array dengan urutan controller route, dan pasangan variabel – nilai.

Contoh pemakaian adalah sebagai berikut :

<?php
echo CHtml::link(“Update Profile”,array(‘user/updateprofile’,’id’=>$model->user_id),array(‘class’=>’link_button’));
?>

Membuat link dengan CHtml.link akan memudahkan kita jika kita akan mengembangkan website dengan URL yang ‘SEO friendly’. Jika kita sudah awal memakai CHTML.link dan kemudian kita mengupgrade aplikasi website ke ke ‘clean URL’ maka kita hanya mengubah konfigurasi aplikasi dan tidak mengubah link-link ini. Yii mendukung clean URL dengan menggunakan component Urlmanager.

Informasi lebih lanjut mengenai URL Manager dapat dibaca di http://www.proweb.co.id/articles/web_application/url_manager_yii.html

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Membuat link di Yii
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday