Hari ini adalah besuknya kemarin, kemarin adalah besuknya hari ini. Dengan kata lain hari ini adalah hasil dari perencanaan kemarin, besuk adalah hasil dari perencanaan hari ini. Begitu juga dengan persiapan sales call. Apa yang kita rencanakan sales call hari ini akan mempengaruhi hasilnya besuk.
Sales call adalah kunjungan ke calon pelanggan atau ke pelanggan kita. Jika sudah menjadi pelanggan, kita bermaksud untuk membina hubungan baik dan memastikan tetap membeli dari kita. Jika belum menjadi pelanggan, kita berharap dengan kunjungan penjualan atau sales call ini maka akan terjadi penjualan.
Di samping itu manfaat dari perencanaan sales call adalah
- Menumbuhkan kepercayaan diri
Kita sudah memiliki point-point penting yang akan dibicarakan dan membuat pembicaraan terarah. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri kita. - Memiliki fokus
Dengan adanya perencanaan kita akan lebih fokus membicarakan hal-hal yang ingin kita bicarakan - Lebih fleksible
Dengan membuat perencanaan sales call, kita dapat membuat script-script arah pembicaraan. Ini akan membuat pembicaraan lebih fleksibel. - Meningkatkan profesionalisme
Karena kita menguasai apa yang akan kita bicarakan maka akan terlihat profesional - Memiliki tujuan
Dengan membuat perencanaan maka kita dapat menetapkan tujuan dari sales call - Meningkatkan hubungan baik dengan calon pelanggan
Pembicaraan yang tertata dengan rapi akan membuat kualitas pembicaraan baik. Dengan demikian maka tidak akan membuang waktu calon pelanggan kita - Meningkatkan penjualan
Sales call yang direncanakan dengan baik memiliki peluang untuk mendatangkan penjualan.
Dengan melihat manfaat-manfaat dari perencanaan sales call di atas, maka seorang sales wajib membuat perencanaan sales call.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.