Pada artikel kali ini kita akan memasukkan informasi pembayaran dari customer tanpa menunjuk ke customer invoice yang mana, baru setelah itu direkonsiliasikan dengan customer invoice yang sesuai.

Rekonsiliasi Customer Payment dengan Customer Invoice pada Odoo ERP adalah seperti berikut ini

  1. Masuk menu Customer | Payment

    Dari bukti pembayaran yang dikirimkan oleh pelanggan, bagian keuangan kemudian memasukkan informasi pembayaran ke menu Customers – Payments .
  2. Create dan Confirm Payment

    Kita memulai pencatatan pembayaran dari pelanggan dengan mengklik CREATE seperti gambar di atas.


    Setelah kita sudah mengisi customer payment dengan benar maka kita melakukan SAVE dan CONFIRM seperti gambar di atas.
  3. Payment Matching

    Dari Customer Payment yang sudah kita CONFIRM kita dapat mencari Payment Matching seperti gambar di atas.


    Tampak payment matching yang disarankan oleh Odoo.
  4. Rekonsiliasi Customer Payment dengan Customer Invoice

    Kita memulai dengan mengklik + pada jurnal entry pertama.


    Kita melanjutkan dengan menekan + pada jurnal entry yang kedua.


    Kita kemudian mengklik RECONCILE seperti gambar di atas.


    Tampak informasi yang menunjukkan rekonsiliasi antara customer payment dan customer invoice berhasil dilakukan. Sebagai informasi bahwa transaksi ini belum direkonsiliasikan dengan bank statement.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/bank-statements-and-reconciliation-672 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=EvBHkv7x0-0 .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

 

Rekonsiliasi Pembayaran Manual pada Odoo ERP