Kita mungkin memberikan keleluasaan pelanggan untuk melakukan pembayaran lebih dari satu kali dari suatu customer invoice.

Multi Payment untuk Satu Invoice pada Accounting Odoo ERP adalah seprti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Masuk ke Payment Term

    Dari aplikasi Accounting kita masuk ke menu Configuration | Payment Terms.


    Tampak daftar payment term, kita melanjutkan dengan CREATE.
  2. Menambah payment term

    Kita mengisi Payment Term dan juga Description on the Invoice. Kita melanjutkan dengan Add a line.


    Kita melanjutkan dengan payment term 40% segera setelah penerbitan customer invoice. Kita melanjutkan dengan SAVE & CLOSE.



    Kita melanjutkan pengeditan ke Due Type untuk Balance.


    Kita mengisi Type dengan Balance, Due 30 kemudian SAVE & CLOSE.


    Tampilan di atas berarti membuat payment term di mana pelanggan akan membayar 40% secepatnya dan sisanya setelah 30 hari.
  3. Menuju Customer Invoices

    Kita kemudian menuju menu Customers | Invoices.


    Kita melanjutkan dengan CREATE tagihan pelanggan.
  4. Membuat Customer Invoice

    Kita membuat Customer Invoice dan ada pengisian default Due Date jika tidak ada pengisian Terms.


    Kita kemudian melihat pilihan-pilihan pada Terms.


    Kita kemudian memilih payment term yang baru saja kita buat.


    Tampak ada dua receivables dengan Due Date yang berbeda-beda.


    Jika informasi Due Date tidak muncul, kita dapat memunculkannya seperti pada gambar di atas.
  5. Mengubah invoice date

    Jika kita mengubah Invoice Date maka Due Date juga berubah. Kita melanjutkan dengan CONFIRM.
  6. Mengirimkan invoice ke customer

    Kita kemudian mengirimkan invoice ini ke pelanggan dengan menekan SEND & PRINT.


    Kita kemudian melakukan SEND & PRINT lagi.


    Tampilan di atas adalah pdf yang dikirimkan ke pelanggan, perhatikan ada Description of Invoice pada payment term muncul.
  7. Melihat laporan umur piutang pelanggan

    Untuk melihat laporan umur piutang pelanggan silahkan menuju menu Reporting | Aged Receivable.


    Tampak laporan umur piutang pelanggan yang ada pada Aged Receivable Report.
  8. Melakukan rekonsiliasi setelah menerima pembayaran dari pelanggan

    Setelah mengisi bank statement yang berisi pembayaran dari pelanggan maka kita melakukan RECONCILE.


    Odoo kemudian akan mencarikan jurnal entry yang sesuai kemudian silahkan mengklik VALIDATE.


    Tampak kita berhasil melakukan rekonsiliasi.
  9. Melihat pengkinian customer invoice

    Kita kemudian masuk ke menu Customers | Invoices dan melihat bahwa Payment Statusnya adalah Partially Paid. Kita kemudian melihat Customer Invoice ini.


    Tampak ada informasi PARTIAL pada detil tagihan ini.
  10. Melihat pengkinian umur piutang pelanggan

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/payment-terms-1679 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=OY3Mwht0378 .
3. https://www.proweb.co.id/articles/odoo-accounting/cash-discount.html .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Multi Payment untuk Satu Customer Invoice pada Accounting Odoo ERP