Setelah kita memasukkan produk maka kita siap membuat pesanan penyewaan atau rental ini.
Pesanan rental dan pickup barang sewaan pada Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini
- Masuk ke menu Orders
Dari aplikasi Rental Odoo ERP ini kita masuk menu Orders seperti pada gambar di atas.
- Membuat order penjualan jasa rental
Kita melanjutkan ke CREATE untuk membuat quotation yang nanti akan menjadi sales order.
Kita kemudian memilih Customer atau membuat baru jika belum ada seperti pada gambar di atas.
- Memasukkan barang rental dan konfirmasi sales order
Kita kemudian memilih barang yang akan kita sewakan seperti pada gambar di atas.
Maka akan muncul popup di mana ada isian mengenai rentang waktu rental dan juga Quantity, silahkan mengisi dan klik ADD.
Kita melanjutkan CONFIRM dan mengubah quotation menjadi sales order seperti pada gambar di atas.
- Proses Pickup
Setelah proses konfirmasi quotation menjadi sales order maka kita melanjutkan dengan PICKUP yang merupakan proses pengambilan barang yang kita sewakan kepada pelanggan.
Kita kemudian melanjutkan VALIDATE untuk proses pickup ini.
Tampak pesanan penjualan atau sales order kita ada status Picked-up seperti pada gambar di atas.
Kita juga dapat mencetak dokumen pickup dengan mengklik Print.
- Laporan perpindahan stock
Kita masuk ke menu utama seperti pada gambar di atas.
Kita kemudian memilih aplikasi Inventory.
Kita kemudian masuk ke Reporting | Stock dan kemudian masuk ke History seperti pada gambar di atas.
Tampak informasi perpindahan stock karena proses order rental.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini
Pesanan Penyewaan dan Pickup Barang Rental pada Odoo ERP