Kita telah membahas mengenai melakukan vulnerability scanning atau pemindaian kerentanan. Jika kita memelihara jaringan perusahaan maka kita perlu membuat gambar jaringan. Kita perlu menggambar jaringan ini untuk melihat cara pandang hacker dan tentu saja melakukan pencegahan-pencegahan terjadinya serangan.

Ketika penyerang dapat menemukan celah masuk maka penyerang akan membuat pemetaan jaringan untuk melihat dapat perangkat, sistem operasi dan versi yang digunakan, aplikasi dan versi yang digunakan yang nanti akan digunakan untuk target penyerangan berikutnya.

Keuntungan lain pembuatan gambar pemetaan jaringan adalah memudahkan pengelolaan jaringan. Pembuatan pemetaan jaringan dapat dilakukan manual atau menggunakan aplikasi.

Aplikasi-aplikasi yang dapat digunakaan untuk pemetaan jaringan komputer antara lain

  1. WhatsUp Gold
    Aplikasi dapat dilihat di https://www.whatsupgold.com/ .
  2. The Dude
    Aplikasi The Dude dapat dilihat di https://mikrotik.com/thedude .
  3. NetworkView
  4. OpManager
    Aplikasi OpManager dapat dilihat di https://www.manageengine.com/network-monitoring/ .
  5. System Center Operations Manager
    System Center Operations Manager dapat dilihat di https://learn.microsoft.com/en-us/system-center/scom/welcome .
  6. LANsurveyors
  7. FriendlyPinger

Setelah kita menggunakan satu atau beberapa aplikasi di atas kita akan membuat file dengan ekstension tertentu. Dari sisi pikiran penyusup maka penyusup akan juga melakukan pencarian file dengan ektension-ektension tersebut. Oleh karena itu file yang merupakan pemetaan jaringan ini perlu dienkripsi.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pemetaan Jaringan dalam Pencegahan Serangan Siber