Rekan-rekan pengguna Linux mungkin pertama kali bingung saat menggunakan Centos 7 karena ada beberapa command yang sudah berubah. Hal ini terjadi karena penerapan systemd pada Centos 7.

Kita mungkin kesal karena perubahan inim tetapi mau tidak mau kita memang harus mengikutinya. Kalau membaca artikel yang ada di https://www.linux.com/learn/understanding-and-using-systemd kita memahami bahwa perubahan dikarenakan sub system yang ada Linux semakin kompleks dan pemakaian SysVInit  akan membuat manajemen yang kurang tertata.

Dari artikel di https://www.linux.com/learn/understanding-and-using-systemd ini kita juga membaca bahwa Red Hat ini yang pertama-tama mengkampanyekan penggunakan systemd sehingga Red Hat Enterprise Linux, Fedora Linux dan Centos 7 juga menggunakan systemd.

Secara teknis file-file init-scrips ada berada di folder /usr/lib/systemd/system. Supaya script dijalankan saat booting maka script harus dilinkkan di folder /etc/systemd/system .

Untuk lebih memahami systemd silahkan membaca di https://www.linux.com/learn/understanding-and-using-systemd.

Untuk belajar lebih lanjut juga silahkan membaca informasi lebih komprehensif di https://www.freedesktop.org/wiki/Software/systemd/ .

Berkaitan dengan systemd service kita dapat membacanya di https://www.freedesktop.org/software/systemd/man/systemd.service.html .

Pada artikel http://www.proweb.co.id/articles/centos7/xampp_centos7.html dan http://www.proweb.co.id/articles/web_application/bitnami_lamp_booting_centos7.html ,kita telah membuat konfigurasi service Type=forking seperti contoh berikut ini
[Service]
ExecStart=/opt/lampstack-5.6.29-0/ctlscript.sh start
ExecReload=/opt/lampstack-5.6.29-0/ctlscript.sh  reload
ExecStop=/opt/lampstack-5.6.29-0/ctlscript.sh stop
Type=forking

Informasi mengenai Type (pada contoh ini forking) dapat dibaca lebih lanjut di
1. https://access.redhat.com/documentation/en-US/Red_Hat_Enterprise_Linux/7/html/System_Administrators_Guide/sect-Managing_Services_with_systemd-Unit_Files.html#sect-Managing_Services_with_systemd-Unit_File_Structure lihat tabel 9.10

2. https://www.freedesktop.org/software/systemd/man/systemd.service.html lihat bagian Options

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengantar memahami systemd
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday