Dalam memanage mail server kita mungkin mengalami serangan email bervirus atau spam. Serangan ini bisa terjadi karena user tersebut kena spam atau karena ada pihak ketiga yang mentrap username password dari orang tersebut dan melakukan spam dengan username dan password tersebut. Jika ini yang terjadi berikut-berikut langkah penanganannya

  1. Matikan Exim
    Pada WHM cPanel silahkan masuk ke Service Configuration – Service Manager dan matikan Exim:

    Langkah mematikan Exim ini untuk memutus koneksi session dari spammer yang saat ini masih tersambung.
  2. Dari menu Email – Mail Queue Manager silahkan identifikasi Queue yang merupakan virus

    Silahkan saring queue misal dari suatu email tertentu kemudian klik Go.
    Pastikan record per halamannya tinggi misalnya 1000.
    kemudian setelah daftar queue dengan karakteristik tertentu tampil, silahkan klik seperti di atas kemudian klik ‘Delete Selected’
  3. Ubah password email yang kira-kira dipakai oleh virus atau spammer dengan masuk ke  Account Information – List Accounts
  4. Silahkan masuk ke Service Configuration – Service Manager dan hidupkan lagi Exim
  5. Pantau lagi pastikan Mail queuenya tidak ada email spam

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Membersihkan queue dari virus/spam