Kita mungkin mengalami kejadian bahwa setting email root pada server cPanel kita tidak bisa bekerja. Misal hostname server kita adalah server4.domainku.com. Seharusnya bila kita telah melakukan setting dengan benar, maka setiap email yang ditujukan ke root@server4.domainku.com maka akan masuk ke email yang teah kita set. Bagaimana kita mengatasi hal ini ?
Kita bisa mengatasi dengan membuat account normal server4.domainku.com, tetapi jika sudah diset ke hostname tersebut maka kita tidak dapat membuat account server4.domainku.com. Terus bagaimana peneyelesaiannya ?
Langkah-loangkah alternatif penyelesaian adalah
- Rename hostname ke server4a.domainku.com
Ini bisa kita kerjakan dengan masuk ke ‘WHM ‘kemudian ke menu ‘Change hostname’ - Create account server4.domainku.com, pastikan aktifkan ‘Overwrite any existing DNS zones for the account’, arahkan mailnya ke local (Mail Routing Settings diset ke Local Mail Exchanger)
Tentu saja kita melakukan hal ini dengan masuk ke WHM – Account Functions – Create New Account - Masuk ke account server4.domainku.com
Ini bisa dilakukan dengan masuk WHM – Account Informastion – List Accounts - Buat forward email ke root, nobody dan cpanel
Ini dilakukan setelah masuk cPanel dan pilih menu Forwarders - Rename hostname ke server4.domainku.com
Ini bisa kita kerjakan dengan masuk ke ‘WHM ‘kemudian ke menu ‘Change hostname’ - Jika perlu silahkan reboot server cPanel anda.
Solusi ini bersifat sementara sebelum kita mendapatkan solusi yang final mengenai masalah ini. Solusi ini paling tidak akan memberikan solusi mengenai alert yang akan kita terima dari aplikasi lain terustama CSF (Config Server dan Firewall). Dengan solusi ini, aplikasi LFD (Login Failure Daemon) akan berhasil mengirimkan alertnya ke root,
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.