Kita mungkin pernah mendengar keluhan mengenai masalah email seperti email yang dikirimkan tidak sampai ke tujuan, atau juga email yang dikirimkan oleh pihak lain tidak diterima pengguna email kita. Untuk menangani keluhan ini kita perlu menganalisa email keluar masuk. Kita dapat menganalisa lalu lintas email keluar masuk melalui account cPanel. Kita akan menggunakan menu Email Trace atau Track Delivery.
Berikut langkah-langkah menganalisa lalu-lintas email yang keluar masuk dalam suatu account cPanel
- Silahkan login ke cPanel dan silahkan klik menu Email Trace atau Track Delivery:
- Kita akan menganalisa email yang berhasil dikirim/diterima seperti contoh di bawah ini:
Pada gambar di atas menunjukkan email yang berhasil dikirimkan. Ada kemungkinan juga email di atas sudah diterima oleh server lain, kemudian server memberikan email penolakan tertentu misalnya email tidak ada. Ada kemungkinan juga email sudah diterima oleh server lain tetapi tidak tidak diteruskan ke pihak yang bersangkutan. Di sini tanggung jawab kita adalah bahwa email sudah berhasil dikirimkan.
- Kita akan menganalisa email yang pernah ditunda seperti gambar di bawah ini:
Pada gambar di atas menunjukkan bahwa email pernah mengalami kegagalan. Kalau bersifat temporary maka nanti email akan dikirimkan ulang oleh server.
- Kita akan menganalisa email gagal secara permanen seperti gambar di bawah ini:
Pada gambar di atas terlihat email yang gagal secara permanen.
- Kita akan menganalisa email yang sedang masih proses seperti gambar di bawah ini:
Pada di atas terlihat tidak ada email yang masih progress.
- Kita akan menganalisa pengiriman ke suatu email tertentu seperti gambar di bawah ini:
Pada contoh di atas kita akan menganalisa pengiriman ke suatu acount tertentu.
Analisa tersebut tentu ada batas waktunya. Pastikan yang dianalisa adalah email kurang dari 3 hari terakhir.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Analisa lalu lintas email pada account cPanel