Articles

Memilih webmail pada cPanel

Kita sebagai provider email hosting tentu menyajikan aplikasi webmail bagi pengguna email hosting kita. Server cPanel kita menyediakan tiga buah webmail yaitu Horde, Roundcube dan Squirrelmail. Tentu kita ingin tahu apa perbedaan dari ketiga webmail tersebut. Dalam website cPanel kita dapat membandingkan perbedaan dari ketiga webmail tersebut.

Perbedaan ketiga buah webmail tersebut dapat dilihat di https://documentation.cpanel.net/display/CKB/Which+Webmail+Application+Should+I+Choose . Dalam prakteknya ada pengguna yang senang menggunakan Horder, sebagian yang lain lagi senang menggunakan Roundcube, dan sebagian lagi senang menggunakan Squirrelmail. Masing-masing tentu memilki fitur unggulan, dan silahkan membandingkannya sendiri seperti dalam artikel tersebut.

Sebagai administrator cPanel, kita dapat mengaktifkan webmail-webmail yang kita ingin dengan masuk ke WHM kemudian masuk ke menu Server Configuration - Tweak Setting - Mail, kemudian perhatikan setting-setting berikut ini
a. Enable Horde Webmail
b. Enable Roundcube webmail
c. Enable SquirrelMail webmail
Untuk mengaktifkan kita bisa memilih On pada masing-masing pilihan tersebut. Untuk tidak mengaktifkan kita dapat memilih Off pada pilihan-pilihan tersebut.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Other Email Best Practice Articles:
Pengertian Inbound Message Limit dalam MagicSpam
Debug setting MagicSpam
Memindahkan sebuah account cPanel
Pengertian Zero Day Protection
Pengertian MagicSpam perlindungan terhadap spam
Memilih webmail pada cPanel
Pengaturan IP SMTP pada cPanel
Scan email realtime dengan ClamAv di cPanel
Scan virus dan malware di cPanel dengan ClamAv
Pengertian antivirus ClamAV
Pengertian greylisting cPanel