Dalam memenuhi kebutuhan komputerisasi akitivitas bisnis perusahaan, aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning) memiliki modul-modul berikut ini
- Modul pembelian
Pada modul ini dimulai dengan purchase requisition atau permintaan pembelian. Permintaan pembelian kemudian dilanjutkan dengan purchase order. Setelah terjadi purchase order kemudian terjadi penerimaan barang. Pada saat penerimaan barang akan langsung terupdate penambahan inventory pada buku besar.
Penerimaan invoce dari vendor dan pembayaran ke vendor kemudian dikerjakan dalam modul finance. - Modul penjualan
Pada modul ini dimulai dengan pemesanan dari pelanggan dilanjutkan pengiriman barang.
Pada saat pengiriman barang langsung terupdate ke buku besar piutang pada sales dan inventory pada cogs.
Penagihan dan penerimaan pembayaran dilakukan dalam modul keuangan/finance - Modul keuangan/finance
Modul ini merupakan kelanjutan dari penerimaan tagihan dari vendor yang diikuti pembayaran ke vendor.
Modul ini merupakan kelanjutan dari penagihan ke pelanggan dan diikuti penerimaan pembayaran dari pelanggan. - Modul human resources
Pada modul ini terkait dengan perekrutan, pemberian benefit misalnya uang kesehatan, promosi, absensi dan lain sebagainya - Modul manufacture
Modul ini mencatat proses produksi dan mencatat cost yang biasanya dipelajari pada akuntansi biaya (cost accounting) - Modul CRM (Customer Relation Management)
Pada aplikasi ini seluruh interaksi dengan customer mulai dari penawaran, sales maupun keluhan pelanggan dicatat di sini.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Modul-modul ERP