Dilihat dari frasenya value chain berarti rangkaian nilai. Terkait dengan aktivitas perusahaan memproduksi barang dan jasa, pengertian value chain adalah rangkaian fungsi bisnis perusahaan yang menambah nilai pada produk dan jasa yag diberikan kepada pelanggan.

Fungsi bisnis yang memberi tambah pada value chain antara lain

  1. Riset dan pengembangan
    Bagian ini sering disebut R&D yang berarti Riset and Development.
    Fungsi bisnis adalah melakukan riset kebutuhan pelanggan kemudian membuat spesifikasi.
  2. Perancangan produk dan proses produksi
    Fungsi bisnis ini merancang produk sesuai spesifikasi dari fungsi riset dan pengembangan, kemudian juga merancang proses produksi yang efektif dan efisien
  3. Kegiatan produksi
    Fungsi bisnis ini melakukan produksi produk yang telah dirancang sebelumnya
  4. Pemasaran
    Bagian ini disebut dengan Sales and Marketing.
    Fungsi bisnis ini melakukan kampanye untuk produk-produk yang dihasilkan perusahaan
  5. Distribusi
    Fungsi bisnis distribusi menyalurkan produk yang dibuat perusahaan ke jaringan distribusi yang mudah dijangkau pelanggan
  6. Layanan pelanggan
    Bagian ini juga disebut layanan purna jual atau juga Customer Service.
    Bagian ini menangani keluhan pelanggan, kerusakan barang, perbaikan dan lain-lain

Perusahaan harus selalu mempertingkan fungsi-fungsi yang memberi nilai tambah. Sebaliknya fungsi-fungsi yang tidak memberi nilai tambah harus dikurangi untuk mengurangi biaya operasional perusahaan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pengertian value chain