Untuk mempercepat dan memudahkan vulnerability scanning atau pemindaian kerentanan kita memerlukan alat bantu berupa aplikasi atau biasa disebut vulnerability scanning tools. Ada banyak tools atau alat bantu untuk melakukan pemindaian kerentanaan dan kita memerlukan pertimbangan-pertimbangan dalam memilih vulnerability scanning tools.

Pertimbangan-pertimbangan dalam memilih aplikasi pemindai kerawanan dalam keamanan siber antara lain

  1. Frekuensi update
    Kita sudah mempelajari bahwa vulnerability scanning tools hanya dapat melakukan pemindaian sesuai hal-hal yang sudah dimasukkan dalam plugin-plugin. Jika ada kerawanan baru yang belum diketahui oleh plugin-plugin yang ada maka kerawanan tentu tidak akan terdeteksi.
    Di sinilah kita perlu memilih tools atau aplikasi yang frekuensi updatenya cepat dan lebih bagus lagi jika ada fitur auto update.
  2. Keakuratan
    Faktor berikutnya adalah tingkat keakuratan dari tools tersebut. Silahkan mempertimbangkan alat yang tingkat akurasinya tinggi ditandai dengan sedikit false positif dan sedikit juga false negatif.
  3. Kualitas laporan yang dihasilkan
    Kita mencari alat bantu pemindaian kerentanan yang dapat menjelaskan kerentanan tersebut dan bagaimana mengatasi kerentanan ini. Jika laporan yang dihasilkan dari vulnerability scanning tools ini memberikan laporan yang lengkap tentang kerawanan dan juga cara memperbaiki maka akan membantu sistem administratornya dalam menutup kerentaan ini.
  4. Penggunaan
    Di sini kita perlu menentukan lokasi pemindaian kerentanan yang tepat.
    Jika kita memindai jaringan lokal menggunakan pemindai dari internet maka tidak akan menghasilkan hasil yang efektif.
    Jika kita memindai jaringan DMZ dari jaringan lokal maka tentu juga tidak akan efektif

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Pertimbangan Memilih Aplikasi Pemindaian Kerentanan
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday