Untuk mengawali enumerasi kita dapat menggunakan hal-hal default. Hal-hal default ini dapat terjadi dengan default konfigurasi pada peralatan, default password pada peralatan, default konfigurasi pada aplikasi dan juga default password pada aplikasi.

Secara umum produsen suatu perangkat keras atau penyedia suatu perangkat lunak ingin supaya produknya disukai pelanggan sehingga pelanggan akan membelinya. Untuk memanjakan pelanggan-pelanggannya produsen dan penyedia ini memberikan kemudahan-kemudahan berupa standard instalasi dan stardard default. Tetapi kemudahan-kemudahan ini dapat menimbulkan celah keamanan karena standar-standar ini ada kemungkinan mudah dicari.

Untuk memulai peretasan etis ini kita dapat melakukan enumerasi dengan mencoba akses-akses standar misalnya akses menggunakan standar password ke suatu wifi. Kita juga dapat mencoba login ke aplikasi menggunakan standard password.

Penggunaan password standar ini bisa terjadi pada sistem operasi misalnya Windows, aplikasi mail server, aplikasi database server, router dan sebagainya. Jika kita menjadi pengelola jaringan maka tidak boleh menggunakan password standar tetapi harus menggunakan password yang sulit ditebak misalnya konfigurasi 3 kata acak dan konfigurasi 6 angka acak dan dua karakter dan tiga huruf besar.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Enumerasi Default dalam Ethical Hacking
× Ada yang dapat saya bantu ? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday