Kadang-kadang client hanya memberikan informasi yang minim saat menyampaikan keluhannya. Sebagai contoh ’emailnya tidak bisa’. Dalam kasus ini kita harus menggali informasi yang lebih lanjut mengenai spesifik error

  1. Kapan error terjadi
    Error bisa terjadi saat mengirimkan atau menerima email.
    Jika error terjadi saat mengirim file maka berarti masalah di komputer dia dalam koneksi ke  layanan smtp.
    Jika error terjadi saat menerima email, berarti error terjadi dalam koneksi komputer dia ke POP3
  2. Program apa yang dia pakai
    Jika memakai email client seperti Thunderbird, Microsoft Outlook, atau Outlook, kita harus tahu setting yang digunakan.
    Pastikan setting smtp dan pop3 telah diarahkan secara benar ke server kita.
    Jika masalah di pengiriman, cobalah ganti ke port 26, arahkan ke server Proweb, dan pastikan koneksi ‘telnet namadomain 26’ bisa dijalankan. Kadang-kadang ISP memblok port 25 karena virus sering tersebar melalui port ini, PT Proweb Indonesia memberikan alternatif port 26 untuk melakukan pengiriman email dengan SMTP.
    Jika masalah di penerimaan, pastikan ‘telnet namadoman 110’ bisa dilakukan.
    Jika memakai webmail, coba minta ke webmail.namadomain, karena kadang-kadang port webmail (2095) terblok oleh manajemen jaringan.
  3. Analisa Error
    Jika masih terjadi error, minta dibacakan errornya untuk analisa lebih lanjut.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Menangani keluhan email tidak bisa