Dalam memanage mail server dengan ratusan pemakai email, kita sudah melakukan pencegahan terhadap virus dan spam yang masuk. Meskipun demikian ada kalanya spam tetap lolos karena keterbatasan setting yang ada. Spam yang lolos dapat menyebabkan server kita masuk ke RBL (Realtime Blackhole List) dan pemakai mail server kita akan terganggu pengiriman emaillnya karena mengalami banyak penolakan. Berikut cara-cara mengatasinya jika terjadi pada cpanel dan smtpnya menggunakan Exim
- Melihat email queue dan identifikasi
Untuk melihat email queue bisa melalui WHM – Email – Mail Queue Manager.
Jika anda masuk ke shell bisa menggunakan perintah exim -bp.Dari situ kita bisa menduga email mana yang menyebabkan spam
- Melihat isi email
Untuk melihat hisiemail kita bisa masuk melalui WHM – Email – Mail Queue Manager – Detail.
Atau menggunakan shell : exim -Mvh idmessage atau
exim -Mvb idmessage | lessPerhatikan bagian seperti berikut :
Received: from [78.110.aaa.bbb (port=49182 helo=User)
by server.indoddd.com with esmtpa (Exim 4.80.1)
(envelope-from <info@cdgservixxxx.com>)
id 1VA0QV-0007nD-0W; Thu, 15 Aug 2013 23:29:33 +0700 - Dari header yang kita lihat, perhatikan pengirim dan waktu pengiriman
Melihat log email berdasarkan waktu pengiriman :
cat exim_mainlog | grep “2013-08-15 23:29:33” | less
Silahkan analisa (http://www.proweb.co.id/articles/support/memahami_exim_log.html ).Bisa juga ditambahkan email pengirimnya
cat exim_mainlog | grep “2013-08-15 23:29:33” | grep info@cdgservixxxx.com | less
Silahkan analisa (http://www.proweb.co.id/articles/support/memahami_exim_log.html ). - Menghilangkan queue yang berisi spam, silhakan membaca http://www.proweb.co.id/articles/support/command_line_darurat_exim.html .
- Mengganti password email yang dicurigai kena virus
- Memindahkan account domain tersebut ke package yang kapasitasnya sama tetapi dibatasi pengiriman emailnya untuk mencegah spam lagi.
- Meminta delisting pada RBL yang bersangkutan
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.