Spam biasanya dikirimkan oleh account email yang kena virus. Tahapan penanganan adalah sebagai berikut

  1. Identifikasi email yang mengandung spam pada Mail Queue dan juga log Exim


    Perhatikan -auth_id

  2. Dari Service Manager cPanel non aktifkan dahulu Exim
  3. Bersihkan queue dari email yang mengandung spam
  4. Ubah password dari email yang mengirimkan spam tersebut
  5. Amati apakah masih ada aktivitas pengiriman, ada kemungkinan masih ada session yang dipakai virus untuk terus mengirim email
  6. Jika masih bandel, pada cPanel batasi email per jam dan juga maksimum deferred message
  7. Amati apakah masih ada aktivitas pengiriman, ada kemungkinan masih ada session yang dipakai virus untuk terus mengirim email
  8. Jika masih bandel juga silahkan restart server
  9. Jika masih bandel juga, backup email yang bermasalah tersebut, kemudian delete email tersebut
  10. Amati apakah masih ada aktivitas pengiriman, ada kemungkinan masih ada session yang dipakai virus untuk terus mengirim email
  11. Restart server dan cek, semoga server cpanel anda sudah bersih dari spam
  12. Jika masih bandel juga, silahkan kombinasikan juga dengan CSF (Config Server & Firewall) untuk memblok IP yang dicurigai kemudian restart server
  13. Jika sudah Oke, aktifkan lagi Exim dan pastikan port 587 terbuka

perhatikan

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Mengatasi spam bandel