Spam biasanya dikirimkan oleh account email yang kena virus. Tahapan penanganan adalah sebagai berikut
- Identifikasi email yang mengandung spam pada Mail Queue dan juga log Exim
Perhatikan -auth_id - Dari Service Manager cPanel non aktifkan dahulu Exim
- Bersihkan queue dari email yang mengandung spam
- Ubah password dari email yang mengirimkan spam tersebut
- Amati apakah masih ada aktivitas pengiriman, ada kemungkinan masih ada session yang dipakai virus untuk terus mengirim email
- Jika masih bandel, pada cPanel batasi email per jam dan juga maksimum deferred message
- Amati apakah masih ada aktivitas pengiriman, ada kemungkinan masih ada session yang dipakai virus untuk terus mengirim email
- Jika masih bandel juga silahkan restart server
- Jika masih bandel juga, backup email yang bermasalah tersebut, kemudian delete email tersebut
- Amati apakah masih ada aktivitas pengiriman, ada kemungkinan masih ada session yang dipakai virus untuk terus mengirim email
- Restart server dan cek, semoga server cpanel anda sudah bersih dari spam
- Jika masih bandel juga, silahkan kombinasikan juga dengan CSF (Config Server & Firewall) untuk memblok IP yang dicurigai kemudian restart server
- Jika sudah Oke, aktifkan lagi Exim dan pastikan port 587 terbuka
perhatikan
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Mengatasi spam bandel