Dalam memberikan solusi berkaitan dengan permasalahan email di client kita, kita harus bisa mentrace di level mana permasalahan berada. Masalah itu bisa berada di network, sistem operasi atau di aplikasi email. Untuk mentrace yang paling baik adalah dengan urutan :
- Pengecekan di tingkat network
Pastikan bahwa koneksi ke internet telah terjalin dengan baik. Untuk mengecek hal ini bisa dilakukan dengan mengecek situs ISP yang bersangkutan, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan situs Indonesia di luar ISP tersebut misalnya masuk ke detik.com, kompas.com, proweb.co.id dan lain-lain.
Jika browsing berjalan normal, maka pengecekan selanjutnya adalah di sistem operasi - Pengecekan di tingkat operating system/sistem operasi
Untuk pengecekan di sistem operasi ini dilakukan dengan mencoba pengiriman melalui command line.
a. Misal mencoba pengiriman email dengan memakai command line ke coba@proweb.co.id
Dilakukan dengan ‘telnet proweb.co.id 25’ atau ‘telnet proweb.co.id 26’
220-server.indoproweb.com ESMTP Exim 4.69 #1 Sat, 18 Sep 2010 11:31:07 +0700
220-We do not authorize the use of this system to transport unsolicited,
220 and/or bulk e-mail.
MAIL FROM:coba@proweb.co.id
250 OK
RCPT TO:coba@proweb.co.id
250 Accepted
DATA
354 Enter message, ending with “.” on a line by itself
testing ya, semoga sampai
.
250 OK id=1Owp5J-0001Ej-Jl
b. Testing untuk penerimaan email dengan command line
Dilakukan dengan ‘telnet proweb.co.id 110’
+OK Dovecot ready.
USER coba@proweb.co.id
+OK
PASS passwordnyacoba
+OK Logged in.
LIST
+OK 7 messages:
1 11148
2 16616
3 44801
4 36686
5 43545
6 596
7 342
.
RETR 7
+OK 342 octets
Return-path: <coba@proweb.co.id>
Envelope-to: coba@proweb.co.id
Delivery-date: Sat, 18 Sep 2010 11:31:50 +0700
Received: from [114.56.88.52]
by server.indoproweb.com with smtp (Exim 4.69)
(envelope-from <coba@proweb.co.id>)
id 1Owp5J-0001Ej-Jl
for coba@proweb.co.id; Sat, 18 Sep 2010 11:31:49 +0700testing ya, semoga sampai
.Jika kedua test tersebut berhasil, berarti di tingkat operating system tidak ada masalah.
Jika ternyata kedua test tersebut ada yang gagal, beberapa kemungkinan bisa terjadi:
– komputer tersebut kena virus, jika memang kena virus, maka virus harus dibersihkan atau diinstall ulang
– ada port yang diblok oleh aplikasi anti virus, coba dulu matikan antivirusnya. Jika antivirus dimatikan dan email berjalan, konsultasikan dengan pihak antivirus mengenai permasalahan ini.
– ada port yang diblok oleh system administrator perusahaan. Untuk masalah ini coba konsultasikan dengan system administrator terkait. - Pengecekan di tingkat aplikasi.
Jika pengecekan di jaringan dan operating system ternyata tidak ada masalah, maka berarti aplikasinya bermasalah. Pastikan setting di program emailnya benar. Pelajari juga isu terkait dengan program email tersebut, misal Outlook Express tidak bisa menangani file lebih dari 2GB.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.