Optimasi keyword merupakan hal penting untuk kita kerjakan jika kita menginginkan website dikenal banyak orang. Masalahnya bagaimana kita bisa mendapatkan data mengenai keyword-keyword yang akan mendatangkan banyak pengunjung website kita? Kita bisa membuat riset sendiri dengan Tools dari Google Adwords, menganalisa perilaku konsumen yang mungkin membeli produk kita, atau menganalisa keyword dari website lain yang kita anggap ramai.

Bagaimana cara menganalisa keyword suatu website ? Ada dua buah tool yang akan dibicarakan di sini yaitu

  1. Alexa.com
    Untuk menganalisa keyword yang paling mendatangkan trafik kepada suatu website bisa dilihat di http://www.alexa.com/siteinfo/namadomain.
    Sebagai contoh http://www.alexa.com/siteinfo/proweb.co.id dan didapatkan hasil sebagai berikut:

    Klik pada ‘Search Analytics’ dan akan muncul keyword-keyword apa yang telah dioptimasi oleh www.proweb.co.id.
  2. Google.com atau Google.co.id
    Untuk menganalisa keyword-keyword apa yang telah dioptimasi oleh suatu website, kita juga dapat memakai Google. Caranya adalah melakukan search dengan frase site:namadomain tersebut. Sebagai contoh site:proweb.co.id

    Dari hasil di atas kita melihat daftar halaman yang ada di www.proweb.co.id . Dari daftar halaman ini kita bisa menebak keyword apa yang kira-kira dipakai untuk mendatangkan pengunjung.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

 

 

Menganalisa keyword website lain