Internet adalah salah satu media pemasaran. Seperti halnya dengan media offile lainnya, kita harus membuat strategi pemasaran melalui internet. Berikut beberapa strategi pemasaran melalui internet
- Banner di situs berita
Situs berita biasanya mengundang banyak pengunjung yang mencari berita berdasarkan topik yang akan pengunjung pilih. Pengunjung yang menekuni dunia informasti teknologi mungkin senang mencari berita terkait software dan perkembangan hardware. Ibu-ibu rumah tangga akan menyukai berita infotainment dan sebagainya. Sebagai pemasar/marketer kita harus menentukan target pasar. Di sini kita harus memilih di mana kita akan memasang banner kita supaya sesuai dengan target yang kita tuju. Untuk pemasar yang menjual produk berkaitan dengan teknologi, lebih baik memasang iklan di channel teknologi, demikian seterusnya - Iklan di Google Adwords
Dalam iklan di Google Adwords ini kita dapat memasarkan produk kita dengan target yang sangat spesifik. Biasanya orang yang mencari produk tertentu akan melakukan searching dengan keyword tertentu.
Sebagai contoh, PT Proweb Indonesia mempunyai produk/jasa disain web. Target pasarnya adalah perusahaan yang sedang mencari jasa disain web. Perusahaan yang mencari jasa disain web kemungkinan akan melakukan searching dengan keyword ‘web design’. Dari analisa ini, PT Proweb Indonesia akan menampilkan iklannya saat ada pengunjung yang melakukan search dengan keyword ‘web design’. Sebagai contoh bisa dilihat dari gambar berikut ini: - SEO(Search Engine Optimization)
Melakukan SEO adalah mempergunakan Search Engine untuk mendapatkan pengunjung ke website kita. Ini bisa kita lakukan dengan membuat artikel yang berguna bagi orang lain dan kemungkinan dicari oleh banyak orang. Secara umum makin banyak halaman yang kita hasilkan, maka pengunjungnya makin banyak.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Strategi pemasaran melalui internet