Apakah website bisa dijadikan sarana pemasaran? Apakah website yang bisa dikunjungi 24 jam tanpa hentri dan dapat dikunjungi dari seluruh belahan dunia merupakan sarana sakti pemasaran? Berikut akan dijelaskan relasi antara website dan pemasaran.

Pemasaran merupakan langkah dari produsen baik barang dan jasa untuk menyampaikan produknya kepada calon konsumen. Ada 4 komponen utama dari pemasaran ini:

  1. Produk
    Kita harus mendisain produk kita agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  2. Price
    Produk yang kita disain harus dijangkau konsumen
  3. Placemen
    Penempatan
  4. Promotion

Website bisa memberikan informasi mengenai produk, harga produk dan sasaran calon pelanggan yang dituju. Tetapi website sendiri saja tidak bisa mendatangkan pengunjung yang merupakan calon pelanggan kita, mengapa demikian ?

Memang website bisa diakses kapan saja dan dari mana saja, tetapi bagaimana orang bisa tahu mengenai website kita?

Setelah perusahaan membuat website, pemasaran tidak boleh berhenti di sini. Perusahaan harus merancang sarana-sarana pemasaran yang membuat orang bisa berkunjung ke website dan mengenal produknya. Dalam menentukan media yang dipilih untuk promosi, perusahaan harus mengenal karakteristik calon pelanggannya. Perusahaan besar dengan target pasar yang besar dan luas bisa memakai televisi dan surat kabar. Perusahaan dengan target pasar di area tertentu dapat menyebarkan brosur di area tertentu. Dalam promosi-promosi di berbagai media ini jangan lupa menuliskan alamat webnya agar calon pelanggan dapat menggali informasi lebih lanjut.

Website juga meningkatkan citra perusahaan. Pembuatan website dengan tampilan yang profesional akan membuat perusahaan lebih elegant di mata pelanggan-pelanggannya. Website yang dibuat asal-asalan akan menjatuhkan citra perusahaan.

Jadi website tidak bisa berdiri sendiri dalam pemasaran. Website harus didukung dengan iklan di media lain seperti iklan di searchg engine, iklan di portal berita, iklan di televisi, iklan di suratkabar, penyebaran brosur dan lain-lainnya.

Apakah semua perusahaan membutuhkan website? Jawabannya : harus. Perusahaan yang ingin meningkatkan dan mengokohkan citra perusahaan harus memiliki website dan PT Proweb Indonesia hadir di sini untuk memberikan layanan pengembangan web, pemeliharaan web dan layanan email untuk memperkuat citra perusahaan di era informasi yang global ini.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Website dan marketing