Dalam melakukan pemasaran produk atau jasa perusahaan, kita harus membuat perencanaan yang jelas. Perencanaan ini mempertimbangkan hal-hal
- Target pasar kita
Kita harus mengerti target pasar kita terutama kebutuhan dan daya beli dari calon pelanggan kita - Produk atau jasa kita
Produk dan jasa kita harus kita rancang sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan daya beli calon pelanggan kita - Pesaing/Competitor
Kita harus memahami karakteristik pesaing/competitor kita dan memanfaatkan celah yang memungkinkan kita bisa mengalahkan pesaing kita. Tentu saja kita harus berbisnis dengan benar - Aturan pemerintah
Setelah kita mempertimbangkan hal-hal di atas maka kita membuat perencanaan pemasaran. Inilah yang disebut marketing concept atau konsep pemasaran.
Hubungan antara marketing, advertising dan sales writing adalah seperti piramida.
Pada bagian bawah piramida adalah konsep pemasaran. Di sini kita menentulan 4 P: product, price, placement dan promotion. Kita mendisain produk, menentukan harga (price), menentukan di mana target pelanggan kita dan menentukan bagaimana kita mempromosikannya.
Di atas pemasaran adalah advertising. Setelah kita membuat konsep pemasaran, maka langkah berikutnya adalah melakukan iklan/advertising melalui media yang kita pilih. Tentu saja kita harus memilih media yang sesuai dengan target pelanggan kita.
Pada bagian puncak dari piramida adalah sales writing. Dalam media yang kita pilih kita membuat sales writing yang menarik calon pelanggan kita untuk membeli produk kita. Dalam sales writing ini kita menekan manfaat yang diperoleh dari pelanggan jika menggunakan produk kita. Lakukan sales writing yang persuasif dan tentu saja jujur.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.