Pernahkan anda mengalami tiba-tiba semua deadline? Atau anda bosen bingung tidak tahu apa yang anda hendak kerjakan ? Jika anda mengalami hal ini berarti anda belum mengelola waktu dengan benar.
Dalam time management atau mengelola waktu ada 4 jenis area aktivitas yang biasa kita kerjakan
- urgent and important
Pada area ini, jika ativitas tidak dikerjakan secara tepat maka akan membehayakan perusahaan, keluarga atau diri anda sendiri. Jika kita banyak mengerjakan aktivitas di area ini berarti kita kurang perencanaan. - urgent not important
Pada area ini kita harus mengerjakan aktivitas yang urgent tetapi tidak important. Menjawab telpon, menelpon orang adalah urgent not important atau harus tetapi tidak penting - not urgent not important
Pada area ini kita mengerjakan hal-hal yang tidak urgent dan tidak penting. Browsing lama-lama tanpa tujuan yang jelas, melihat status teman-teman di Facebook tanpa target waktu adalah mengerjakan hal-hal yang not urgent dan not important. Kita harus menghilangkan melakukan hal-hal yang not urgent dan not important - not urgent but important
Pada area ini kita mengerjakan hal-hal yang penting tetapi tidak urgent. Mengerjakan hal-hal di area ini akan menghasilkan dampak yang besar di masa depan. Contoh aktivitas dari not urgent but important ini adalah belajar, melakukan riset produk, membuat planning, memotivasi team, menyiapkan reguler meeting, mencari inovasi baru dan lain-lain. Orang yang ingin menggunakan waktunya dengan baik harus membuat perencanaan di area ini
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Mengelola waktu