Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan biasa membayar sejumlah biaya untuk operasional setahun misalnya sewa tempat atau langganan aplikasi. Supaya analisa kinerja keuangan akurat maka kita perlu menyebar biaya ini ke bulan-bulan di mana perusahaan mendapatkan manfaat dari biaya tahunan ini seperti pada gambar di bawah ini

Pola pembukuan dalam accounting untuk penyebaran penerapan pembebanan ini disebut sebagai deferred expense atau prepaid expense

Deferred expense atau prepaid expense pada Accounting Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Masuk ke deferred expense models

    Dari aplikasi Accounting Odoo ERP kita masuk ke Configuration | Deferred Expense seperti pada gambar di atas.


    Kita kemudian memilih salah satu deferred expense models.


    Tampak seting pada deferred expense model.
  2. Deferred Charges

    Pada salah satu deferred expense model ini kita menuju Defered Expense Account yaitu Deferred charges.


    Kita melihat bahwa akun Deferred charges ini merupakan Current Assets.


    Kita mengisi ‘Create in draft’ pada Automate Deferred Expense dan memilih salah satu Deferred Expense Model.
  3. Vendor Bills

    Kita kemudian masuk ke menu Vendors | Bills.


    Kita kemudian mengisi akun Deferred charges pada Account dan mengisi isian-isian lain sesuai kebutuhan.


    Kita kemudian melihat isian Journal Items yang dihasilkan secara otomatis kemudian CONFIRM vendor bill ini.
  4. Menuju deferred expense

    Dari vendor bill yang sudah POSTED kita menuju ke Deferred Expense yang merah. Deferred expense warnanya merah karena masih draft.


    Tampak deferred expense yang masih Draft. Kita kemudian memilih deferred expense ini.


    Tampak detil dari deferred expense.
  5. Compute expense

    Dari deferred expense ini kita kemudian ‘COMPUTE EXPENSE’.


    Tampak muncul penjadwalan penerapan pembebanan dari prepaid expense.
  6. Melihat journal entries

    Dari deferred expense ini kita kemudian menuju ke Posted Entries.


    Tampak daftar journal entries dari deferred expense ini. Kita kemudian memilih salah satu.


    Tampak detil dari salah sartu jurnal entri dari deferred expense.
  7. Confirm deferred expense

    Kita kemudian melanjutkan dengan CONFIRM untuk deferred expense ini.


    Tampak ada beberapa jurnal entries yang sudah diposting secara otomatis.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/deferred-revenue-and-expenses-1922 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=umutqkzYNfw .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Deferred Expense atau Prepaid Expense pada Accounting Odoo ERP