Odoo ERP memiliki kemampuan OCR (Optic Character Recognition) di mana mampu mengenali huruf dan angka pada suatu gambar. Kita akan menerapkannya pada digitalisasi tagihan.
Digitalisasi tagihan pada Accounting Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini
- Melakukan scan dan hasilnya dikirim ke suatu email
Kita melakukan scan beberapa vendor bill dan langsung mengirimkan ke suatu email.
Aplikasi Documents pada Odoo ERP kemudian membuat pdf seperti di atas.
- Split document
Kita memulai split dokumen dengan mengklik icon gunting.
Tampak dokumen sudah dipisah-pisahkan per halaman.
- Create bill
Kita melanjutkan dengan CREATE BILL dari pdf-pdf yang dipilih.
Tampak informasi yang menunjukkan proses berhasil.
Tampak file-file pdf dalam aplikasi Document.
- Memilih bill
Kita masuk ke dashboard aplikasi Accounting dan memilih Bills to Validate.
Kita memilih salah satu bill.
- Penerapan OCR
Tampak informasi bill masih kosong. Kita melanjutkan dengan REFRESH untuk melakukan Optical Character Recognition.
Tampak bill sudah terisi secara otomatis.
- Posting vendor bill
Kita kemudian melakukan Post entries.
Konfirmasi POST JOURNAL ENTRIES.
- Detail dari vendor bill
Menuju menu Vendor | Bills.
Kita melanjurkan dengan memilih salah satu bill
Tampak dihasilkan suatu asset dan kita masuk ke Assets.
- Detil aset
Kita mengklik aset tersebut.
Tampak aset dengan detil depresiasinnya.
- Deferred Expense
Kita masuk ke salah satu bill dan masuk ke Deferred Expense.
Kita memilih deferred expense.
Kita memilih 12 months atau 24 months dan kemudian SAVE.
Kita melanjutkan dengan Compute Expense.
Tampak expense boardnya.
Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/invoice-digitization-with-ocr-1712 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=5a7zZCYhbJ8 .
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini
Digitalisasi Tagihan pada Accounting Odoo ERP