Perusahaan perlu membuat perencanaan mengenai penagihan pembayaran dari pelanggan-pelanggannya. Pelanggan dapat menunda pembayaran karena sengaja menunda atau karena kurang memiliki pembukuan yang baik.

Payment Follow Up pada aplikasi Accounting Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Menuju menu Follow Up Reports

    Kita masuk ke aplikasi Accounting dan menuju menu Customers | Follow-up Reports.


    Tampak daftar follow up repot pada setiap customer  dengan total yang sudah due atau jatuh tempo dan juga over due atau lewat jatuh tempo,  status dari follow up dan level dari follow up. Kita kemudian memilih salah satu follow up pada salah satu customer.
  2. Edit messages pada follow up report

    Kita dapat mengedit pesan yang ada pada follow up report dan kemudian SAVE.


    Kita dapat memilih tagihan mana yang akan dibicarakan misalnya tagihan yang overdue saja dengan menggunakan field Excluded.
  3. Mencetak surat

    Kita dapat melakukan PRINT LETTER atau mencetak surat pada follow up report ini.
  4. Pengiriman dengan email

    Kita juga dapat melakukan follow up mengirimkan email dengan menekan SEND BY EMAIL.


    Tampak email sudah berhasil dikirimkan.


    Kita melihat history follow up report pada bagian chatter.
  5. Klik Done

    Kita melanjutkan dengan menekan tombol DONE.

  6. Follow Up Level

    Kita masuk ke Configuration | Follow-up Levels.


    Tampak level-level payment follow up berdasarkan lewat jatuh tempo mulai lewat saat jatuh tempo, 15 hari setelah jatuh tempo, 40 hari setelah jatuh tempo, 50 hari setelah jatuh tempo dan 60 hari setelah jatuh tempo. Kita kemudian memilih salah satu level payment follow-up.
  7. Detail follow up level action

    Tampak action-action setelah 15 hari jatuh tempo.


    Kita juga dapat membuat follow up menjelang jatuh tempo dengan mengisikan angka minus pada days overdue.
  8. Level Follow Up Manual Action

    Kita dapat menentukan Manual Action pada Level follow up.


    Tampak pilihan-pilihan pada Manual Action Type.


    Kita memilih Manual Action Type Call untuk level follow up First reminder email dengan label ‘call the client’.
  9. Tombol Call

    Kita melanjutkan ke menu Customers | Follow up Reports.


    Kita masuk ke salah satu Follow-up Reports dengan level First reminder email.


    Pada level first reminder email ini tampak ada manual action ‘call the client’ sesuai dengan apa yang telah kita set sebelumnya.
  10. Debtor Rate

    Kita dapat menentukan debtor rate seperti pada gambar di atas,
  11. Done

  12. Action untuk banyak follow up

    Kita dapat memilih banyak follow-up reports dan memilih salah satu action.


    Tampak hasil action untuk banyak follow-up report.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/payment-follow-up-1682 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=9VXa9rUIp5s .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

 

Payment Follow Up Pembayaran Pelanggan pada Odoo ERP