Setelah kita mengirimkan barang ke pelanggan tentu kita ingin menagihnya supaya kita mendapatkan arus kas masuk.
Penagihan pelanggan atau customer invoice pada Odoo 15 Community adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini
- Mencari sales order yang dapat ditagih
Kita masuk ke aplikasi Sales dan kemudian masuk menu To Invoice | Orders to Invoice seperti pada gambar di atas dan memilih sales ordernya.
- Pembuatan customer invoice
Kita menekan button Create Invoice.
Kita memilih Regular invoice dan kemudian menekan Create and View Invoice.
- Confirm customer invoice
Kita melanjutkan dengan Confirm.
Tampak customer invoice yang sudah disahkan.
Tampak informasi tab Journal Items.
Informasi mengenai cut off ada di https://www.odoo.com/forum/help-1/what-is-the-purpose-of-cut-off-date-in-the-journal-items-of-a-bill-184688 .
Tampak informasi tab Other Info.
- Pencetakan Customer Invoice
Kita melanjutkan ke Print | Invoices untuk melankuna pencetakan tagihan pelanggan.
Tampak tampilan pencetakan dalam pdf yang siap dicetak ke printer.
- Journal Entries
Kita kemudian masuk ke aplikasi Accounting dan masuk ke menu Accounting | Journal Entries untuk melihat jurnal yang dihasilkan. Kita kemudian menuju ke journal itemnya.
Tampak journal item yang dihasilkan.
- Laporan keuangan profit and loss
Kita kemudian ingin melihat laporan keuangan laba rugi yang bisa diakses dari menu Reporting Profit and Loss.
Catatan: untuk menghasilkan laporan profit loss seperti di atas silahkan membaca seting Account Reports di https://www.proweb.co.id/articles/odoo-umkm/debug-pnl.html .
- Laporan keuangan Balance sheet
Kita kemudian ingin melihat laporan keuangan Balance Sheet yang bisa diakses dari menu Reporting | Balance Sheet.
Catatan: Laporan keuangan balance sheet sudah dimodifikasi seperti dijelaskan pada https://www.proweb.co.id/articles/odoo-addons/debuging-balance-sheet.html .
- Laporan Partner Ledger pada Reporting | Partner Ledger
- Laporan Partner Ageing pada Reporting | Partner Ageing
- Menggunakan Anglo-Saxon Accounting
Pada artikel ini kita melihat bahwa pengakuan COGS terjadi saat pengesahan customer invoice. Dengan demikian maka kita menggunakan Anglo-Saxon Accounting.
Informasi lebih lanjut mengenai Anglo-Saxon Accounting dan Continental Accounting silahkan mengunjungi https://www.odoo.com/documentation/15.0/applications/inventory_and_mrp/inventory/management/reporting/inventory_valuation_config.html .
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini
Penagihan Pelanggan atau Customer Invoice dengan Odoo Community