Dalam menjalankan bisnisnya perusahaan mungkin telah membuat kesepakatan dengan vendor mengenai jumlah barang yang akan dibeli berikut juga harga yang telah disepekati. Odoo ERP memiliki fitur untuk menyimpan perjanjian ini dan diterapkan pada pembelian-pembelian ke vendor tersebut. Fitur ini disebut dengan blanket orders.
Konsep blanket orders pada Odoo ERP dapat dijelaskan seperti pada gambar berikut ini
Penerapan blanket order pada Odoo ERP adalah seperti berikut ini
- Melihat blanket order
Dari aplikasi Purchase kita masuk ke menu Configuration | Purchase Agreement Types.
Kita lanjutkan dengan memilih Blanket Order.
Tampak isian mengenai Purchase Agreement Types Blanket Order.
- Membuat Purchase Agreement
Silahkan masuk ke menu Order | Purchase Agreements
Kita melanjutkan dengan CREATE.
Silahkan mengisi kesepakatan mengenai jumlah barang yang akan dibeli dan juga harga yang telah disepakati dengan vendor tersebut.
- Confirm Agreement
- Membuat RFQ lewat Purchase Agreement
Dari purchase agreement dengan vendor ini kita kemudian membuat NEW RFQ seperti gambar di atas.
Setelah mengisi Quantity yang akan diorder saat ini silahkan klik SAVE.
- Confirm RFQ menjadi Purchase Order
Kita melanjutkan CONFIRM ORDER untuk RFQ yang sudah kita buat tadi menjadi Purchase Order.
- Melihat update informasi di purchase agreement
Kita kemudian masuk lagi ke Purchase Agreement seperti gambar di atas.
Tampak ada update pada Orders dan juga kuantitas yang sudah diorder.
- Melihat update informasi di product
Kita menuju product seperti gambar di atas.
Kita menuju ke product lagi seperti gambar di atas.
Kita masuk ke informasi product pada tab Purchase, di sini ada tambahan vendor dan juga informasi Agreement Number.
Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/slides/slide/blanket-orders-627 .
2. https://www.youtube.com/watch?v=Le-awGz-V6Q .
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini