Setelah kita memasukkan transaksi-transaksi yang ada pada akun bank maka kita perlu mengidentifikasi transaksi dan melakukan rekonsiliasi. Rekonsiliasi adalah proses pemetaan transaksi pada rekening bank dengan catatan operasional perusahaan.
Identifikasi transfer bank dan rekonsiliasi pada Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini
- Menuju ke akun bank
Kita masuk ke dashboard aplikasi Accounting kemudian masuk akun bank yang bersangkutan seperti pada gambar di atas.
- Identifikasi customer
Kita kemudian mengidentifikasi transaksi bank seperti pada gambar di atas.
- Menuju ke Reconcile
Kita masuk ke dashboard aplikasi Accounting dan menuju ke RECONCILE seperti pada gambar di atas.
- Auto match rekonsiliasi transaksi pertama
Tampak Odoo langsung membuat auto match sesuai dengan partner dan nilai transaksinya. Kita melanjutkan dengan VALIDATE.
- Auto match rekonsiliasi transaksi kedua
Odoo kemudian akan menuju ke auto match pada rekonsiliasi berikutnya. Kita melanjutkan dengan VALIDATE.
- Status customer invoice menjadi PAID
Kita kemudian melihat ke customer invoice terkait dan tampak statusnya berubah menjadi PAID.
- Status customer invoice berubah dari IN PAYMENT menjadi PAID
Customer Invoice yang sebelumnya melalui REGISTER PAYMENT, statusnya berubah dari IN PAYMENT menjadi PAID.
- Melihat journal items yang terbentuk
Kita kemudian masuk ke Accounting | Journal Items dan tampak jurnal item yang terbentuk.
- Melihat laporan keuangan balance sheet
Kita kemudian masuk ke Reporting | Balance Sheet dan melihat posisi keuangan Bank dan juga Outstanding Receipts seperti pada gambar di atas.
- Dashboard aplikasi Accounting
Tampak dashboard aplikasi Accounting saat ini.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini
Identifikasi Transfer Bank dan Rekonsiliasi pada Odoo ERP