Untuk membuat pembukuan transaksi yang teratur maka kita perlu segera mencatat transaksi bank yang sudah lengkap ke Odoo ERP. Di sini staf keuangan perlu mencatat semua transaksi yang sudah lengkap. Transaksi yang sudah lengkap biasanya transaksi kemarin.
Memasukkan transaksi bank pada Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini
- Dari dashboard aplikasi Accounting masuk ke bank terkait
- Melanjutkan ke CREATE
- Memasukkan data transaksi bank
Kita kemudian memasukkan data atau informasi transaksi bank seperti pada gambar di atas.
- Melihat journal items
Kita kemudian melihat masuk ke menu Accounting | Journal Items untuk melihat jurnal yang terbentuk.
Tampak ada dua transaksi bank pada bank suspense account sesuai dengan dua transaksi yang sudah kita masukkan.
- Melihat laporan keuangan balance sheet
Kita kemudian melanjutkan ke laporan keuangan balance sheet dengan masuk ke menu Reporting | Balance sheet.
Tampak saldo bank sesuai dengan saldo yang telah kita input sebelumnya.
- Dashboard
Kita kemudian masuk ke dashboard aplikasi Accounting Odoo, dan melihat bahwa Balance in GL ini sesuai dengan transaksi bank yang sudah kita masukkan, sedangkan Outstanding Receipts ini berasal dari konfirmasi pembayaran pelanggan yang belum direkonsiliasi dengan catatan transaksi bank.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini
Memasukkan Transaksi Bank pada Odoo ERP