Setelah pelanggan menerima tagihan dari barang yang telah dikirimkan kepadanya maka pelanggan kemudian melakukan pembayaran. Setelah melakukan pembayaran maka pelanggan menyampaikan konfirmasi ke perusahaan. Bendahara perusahaan kemudian akan mengecek transaksi di bank dan setelah mengecek bahwa pelanggan memang benar sudah membayar maka kemudian melakukan pembukuan konfirmasi pembayaran pelanggan.
Pembukuan konfirmasi pembayaran pelanggan yang sudah di cek pada catatan bank adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini
- Masuk ke menu Customer Invoices
Dari aplikasi Accounting dari Odoo kita kemudian menuju menu Customers | Invoices.
- Mencari customer invoice
Kita kemudian mencari pelanggan tersebut seperti pada gambar di atas.
Kita kemudian memilih invoice
- View invoice kemudian register payment
Kita kemudian melihat detil invoice dan melanjutkan ke REGISTER PAYMENT.
- Register payment
Kita mengisi informasi pembayaran kemudian melanjutkan ke CREATE PAYMENT.
- Update pada invoice
Tampak status customer invoice adalah IN PAYMENT, jika sudah direkonsiliasi maka akan menjadi PAID.
- Journal items yang terbentuk
Kita melanjutkan ke menu Accounting | Journal Items dan melihat jurnal yang terbentuk yaitu
Outstanding Receipts pada Account Receivables.
- Laporan keuangan balance sheet
Kita kemudian masuk ke menu Reporting | Balance Sheet dan melihat laporan keuangan neraca dan melihat ada update pada Outstanding Receipts dan Account Receivables.
- Dashboard aplikasi accounting
Kita kemudian masuk ke dashboard aplikasi Accounting dan melihat ada Ourstanding Payments/Receipts pada bank terkait.
Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.
Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini
Konfirmasi Pembayaran Tagihan Pelanggan pada Odoo ERP