Kita akan mengedit journal bank default bawaaan Odoo ERP, mengubahnya supaya mudah diidentifikasi dan kita kemudian melanjutkan dengan menambah akun bank.

Pengubahan dan penambahan akun bank pada Accounting Odoo ERP adalah seperti pada penjelasan-penjelasan berikut ini

  1. Menuju Journals

    Dari aplikasi Accounting kita masuk ke Configuration | Journals seperti pada gambar di atas.


    Tampak default Journal pada Odoo Enterprise 16. Kita kemudian akan melihat ke jurnal Cash.
  2. Melihat seting pada jurnal Cash

    Tampak seting jurnal Cash pada tab Journal Entries.


    Tampak seting jurnal Cash pada tab Incoming Payments.


    Tampak seting jurnal Cash pada tab Outgoing Payments.


    Tampak seting jurnal Cash pada Advanced Settings.
  3. Melihat seting pada jurnal Bank

    Tampak seting jurnal Bank pada tab Journal Entries.


    Tampak seting jurnal Bank pada tab Incoming Payments.


    Tampak seting jurnal Bank pada tab Outgoing Payments.


    Tampak seting jurnal Bank pada tab Advanced Settings.
  4. Mengedit jurnal Bank pertama

    Kita kemudian mengedit jurnal Bank sebelumnya sesuai kebutuhan kita seperti pada gambar di atas.
  5. Menambah akun bank

    Perusahaan biasanya memiliki lebih dari satu akun bank. Kita akan menambahkan dengan masuk ke menu Configuration | Add a Bank Account.


    Kita melanjutkan dengan Create it.


    Kita kemudian memasukkan Account Number, Bank dan Bank Identifier Code.


    Tampak hasil Add a Bank Account.
  6. Mengedit akun bank kedua

    Kita kemudian mengedit akun bank yang baru saja kita tambahkan sesuai kebutuhan kita dengan hasil seperti pada gambar di atas.
  7. Tampilan dashboard accounting

    Pada dashboard aplikasi Accounting Odoo ERP tampak ada Cash, Bank BCA yang merupakan akun bank pertama, dan Bank CIMB sebagai akun bank kedua.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Pengubahan dan Penambahan Akun Bank pada Accounting Odoo ERP