Setelah kita mengirimkan tagihan kepada pelanggan maka kemudian melakukan pembayaran. Pelanggan biasanya akan mengirimkan bukti transfer pembayarannya. Di sini kita kemudian mencatat pembayaran pelanggan.

Pencatatan pembayaran pelanggan pada Odoo ERP adalah seperti berikut ini

  1. Memilih customer invoice yang sesuai

    Dari aplikasi Acccounting kita masuk ke menu Customers | Invoices seperti gambar di atas.


    Kita kemudian memilih invoice yang sesuai seperti gambar di atas.
  2. Register Payment

    Kita mencatatkan pembayaran dari pelanggan dengan menekan tombol Register Payment seperti gambar di atas.


    Kita melanjutkan ke Create Payment seperti gambar di atas.
  3. Status Paid pada Customer Invoice

    Terlihat customer invoice sudah ‘Paid’
  4. Jurnal akuntansi yang terbentuk

    Untuk melihat jurnal yang terbentuk silahkan masuk menu Accounting – Journal Entries seperti gambar di atas.


    Silahkan memilih jurnal yang sesuai dengan transaksi ini seperti gambar di atas.


    Tampak jurnal akuntansi yang terbentuk dari transaksi pencatatan pembayaran dari pelanggan.

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Jika anda tertarik mengenai aplikasi Odoo ERP silahkan mengisi form di bawah ini

Penerimaan Pembayaran pada Odoo ERP