Salah satu bagian depan dari proses bisnis perusahaan adalah mencari lead untuk difollow up menjadi customer atau pelanggan. Pada Odoo ERP, proses ini dikerjakan pada modul CRM (Customer Relationship Management).

Modul CRM pada Odoo ERP ini akan mengerjakan

A. Mengorganisasi saluran

  1. Merencanakan kegiatan
    Perencanaan akan mengarahkan apa yang harus dikerjakan secara tahunan, bulanan, mingguan hingga harian. Tanpa perencanaan maka sangat besar akan banyak aktifitas kita bukan aktifitas yang produktif.
  2. Mengelola opportunity yang hilang
    Ada tahapan saat leads menjadi  opprtunity, namun pada kenyataannya ada juga opportunity yang gagal. Di sini kita perlu menandai opportunity yang hilang dan memberikan alasannya supaya kita bisa menjadi bahan evaluasi kita dan juga tindak lanjut di kemudian hari
  3. Mengelola beberapa tim sales
    Kita akan memanage banyak tim sales dengan member yang ada pada setiap sales channel. Satu member hanya bisa menjadi anggota sebuah tim sales

B. Mendapatkan leads

  1. Konversi leads ke opportunity
    Menetapkan kualifikasi dalam mengkonversi leads ke opportunities
  2. Mengumpulkan leads/opportunities dari email
    Sistem CRM akan mengumpulkan leads/opportunity yang masuk ke email  yang ditentukan.
  3. Mengumpulkan leads/opportunities dari website
    Dengan menggunakan contact form pada website, Odoo CRM akan mengumpulkan leads/opportunities
  4. Mengirim penawaran
    Dengan Odoo CRM kita dapat mengirimkan penawaran kepada leads/opportunities
  5. Lead mining
    Odoo CRM dapat mengumpulkan leads/opportunities dari database kita

C. Penugasan dan penelusuran leads

  1. Penelusuran halaman kunjungan prospect
    Odoo CRM akan menelusuri halaman website yang dikunjungi prospek saat mengisi contact form.
  2. Mengukur skor lead
    Dengan tambahan modul ini, Odoo CRM dapat mengukur skor dari leads sesuai kriteria yang diberikan

D. Menganalisa kinerja

  1. Mengecek Win/Loss Ratio
    Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pipeline ini Odoo CRM dapat menghitung Win/Loss Ratio

E. Optimasi pekerjaan sehari-hari

  1. Mengumpulkan lebih banyak kontak dengan Partner Autocomplete
    Modul ini akan menarik database kontak sesuai yang kita cari.
  2. Outlook Extension
    Pada Outlook Extension ini Odoo CRM akan mencari kontak dalam aplikasi email Outlook.
  3. Memotivasi dan memberikan penghargaan ke sales
    Pada modul ini kita dapat membuat target dan reward untuk memotivasi tim sales.

Informasi lebih lanjut silahkan mengunjungi
1. https://www.odoo.com/documentation/user/14.0/crm.html .
2. https://www.cybrosys.com/odoo/odoo-books/odoo-book-v14/crm/ .

Kunjungi www.proweb.co.id untuk menambah wawasan anda.

Modul CRM pada Odoo ERP